Dana PAUD Miliaran Rupiah Di 2020 Belum Dicairkan Oleh Pemda Halut

174

Kepala bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halut, Welson Kaya, S.Pd


TOBELO, CH – Sebanyak 236 Sekolah PAUD di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara (Malut) yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK)  untuk tahap dua di 2020 hingga saat ini belum juga dicairkan.

Kepala bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halut, Welson Kaya, S.Pd kepada wartawan mengatakan, total dana PAUD di 2020 sebesar Rp. 4.879.200.000. Total dana ini dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama dicairkan pada Mei-Juni dan tahap kedua di September-Oktober.

“Untuk Dana PAUD sendiri di 2020 di tahap kedua belum ada realisasi pembayaran atau pencairan, kami tidak mengetahui kendala apa hingga dana tersebut tak juga kunjung diserahkan,” kata Welson, Senin (15/2/2021).

“Dari kami dinas hanya membuat permintaan pencairan, tapi dari keuangan daerah yang lakukan pencairan, dan ini dana numpang lewat ke Pemda Halut, ini adalah dan DAK”ujarn

Karena tak kunjung cair, Welson pun meminta bantuan ke wartawan untuk menanyakan langsung ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

BACA JUGA  Upacara HUT RI Ke-75 Di Halut Berjalan Lancar, Penurunan Bendera Diguyur Hujan

“Coba tolong tanyakan di BKAD, karena kami tidak tahu kendala apa, mereka (BKAD)  yang lebih tahu kenapa belum ada pencairan,”pintanya.

Untuk diketahui, sampai berita ini terbit, Kepala BKAD Mahmud Lasiji belum memberikan balasan saat dikonfirmasi lewat pesan dan telpon Whatsapp. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here