Diduga Tak Bayar Pajak Galian C, Ampera Demo PT. BPJ

551

 Ampera Saat Demo Di Kantor Bupati Halut (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH РAliansi  Pemuda Galela Peduli Lingkar Tambang (Ampera) melakukan demonstrasi di depan Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Mereka meminta agar bupati mencabut izin PT. Berindra Perkasa Jaya (BPJ), karena diduga tidak membayar pajak Galian C.

KoordinatorLapangan, Asbar Kuseke dalam penyampaian orasisnya mengatakan, perusahaan yang beroperasi sejak 2012 di Desa Bobisingo Kecamatan Galela Utara itu juga meresahkan warga Galela Utara yang berada di sekitar perusahaan.

“Sudah jelas dalam undang undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas pasal 74. Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, nampaknya pihak perusahaan mengabaikan peraturan yang berlaku itu,”pungkas Asbar, Senin (20/7/2020)

Masa aksi juga meminta Pemda Halut segera membuka kembali dokumen perijinan baik IUP eksplorasi IUP dan WIUP PT.BPJ. DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup Halut juga diminta segera mengaudit dan mengevaluasi lingkungan perusahaan tersebut.

BACA JUGA  Pemkab Halut Tutup Semua Akses Transportasi Hingga 1 Juni 2020

“Ampera mendesak pemda Halut dan DPRD Halut segera memberhentikan aktifitas PT.BPJ, karena selama ini tidak membayar pajak ke daerah, jika tuntutan Ampera tidak direalisasi maka kami akan memboikot PT.BPJ,” ancam Asbar.

Sementara itu, Kepala Desa Bobisingo, Adhan Kapalari saat dikonfirmasi, mengeluarkan pernyataan yang bertolak belakang dengan masa aksi. Menurutnya, selama 5 tahun beroperasi perusahaan tersebut telah banyak berkontribusi kepada masyarakat.

“Pihak desa juga memiliki utang kepada pihak perusahan berkisar Rp. 90 juta pada saat kegiatan desa seperti bola kaki di Morotai beberapa waktu lalu, perusahan juga telah memberikan bantuan di rumah ibadah Rp. 25 juta, jalan hotmix akses masuk ke Musholah,
bahkan bantuan material kantor desa juga di bantu oleh pihak perusahaan,” sebut Adhan.

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here