Expo Segitiga Emas 2021, Ini Yang Dibahas TPID 

188

 TPID Saat Gelar Pertemuan

TIDORE, CH – Hari kedua Expo Segitiga Emas 2021 diawali dengan rapat Tim Pengendalian Infalasi Daerah (TPID) masih di tempat yang sama, Lantai I Jatiland Mall Ternate Tengah, Kota Ternaten Maluku Utara, Jumat (10/12)

Dalam pertemuan itu TPID membahas tentang Kebijakan Ketersediaan Pasar atas Produk dari Daerah Penyangga yaitu Ternate, Tidore, dan Halmahera Barat (Halbar)

Pada kesempatan ini Asisiten I Bidang Pemerintahan dan Kesejatraan Rakyat Kota Tikep, Dr. Sofyan Saraha, M.Si mewakili Walikota Tikep menyampaikan materi tentang Kebijakan Penguatan Sektor Produksi Pertanian melalui transportasi dan pemanfaatan BUMdes sebagai sentral marke

Adapun narasumber pada rapat TPID kali ini yaitu Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Jeffri D. Putra, Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman, Bupati Halbar yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi, dan Perwakilan dari Petani dan Pemaso

Menurut Sofyan Saraha, secara garis besar sektor yang akan dikuatkan dalam penopang pertanian dan BUMdes yang ada di Kota Tikep seperti pertanian akan difokuskan di daratan Oba karena memiliki wilayah yang sangat luas. Selain di daratan Oba, Kota Tidore juga sudah mempunyai hasil pertanian yang memada

BACA JUGA  2024 Muhammad Djabir Taha Kembali Maju Di Pilwakot Tikep

“Seperti di Kelurahan Gurabunga yang mengahasilkan Barito (bawang, rica dan tomat) yang sangat baik,” kata Sofya

Sementara itu, Kepala Dinas Perindakop Halbar yang mewakili Bupati Halbar mangataka, BUMdes di Halbar sudah termasuk dalam kategori baik, namun di Halbar masih kurangnya pada pelayanan transportasi.

Beliau juga menambahkan akan mendukung dan berkolaborasi untuk memajukan hasil pertanian dan pangan yang ada di Kota Tidore dan Ternate.

Sementara untuk Kota Ternate sendiri akan membangun  pertanian yang kontinu (berkesinambungan).

Mengakhiri rapat ini, Walikota Ternate  menyampaikan akan diadakan Rapat Rutin TPID 3 Daerah pada pertiga bulan sekali agar kerja sama ketiga daerah yang tergabung dalam segitigas emas ini dapat terkordinasi dengan baik.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here