Genjot PAD, Bumdes Waci Beli Mobil Pic Up

770

Pemdes Waci, Wahid Saidi, Ikbal Mapo, Adam Mustari Bersama Pihak Diler Suzuki di Kota Ternate (Foto: Saiful CH)


MABA, CH – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Waci Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) membeli satu unit mobil pik up suzuki cerry. Mobil ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengenjot pendapatan asli desa (PAD) guna membangun desa tersebut.

Pengadaan mobil ini bukan tanpa alasan. Banyaknya prodak sagu yang dibuat oleh warga setempat. Prodak sagu ini sulit untuk dipasarkan ke sejumlah pasar yang terseber di Pulau Halmahera oleh warga karena terkendala transportasi. Selain itu kebutuhan masyarakat untuk mengangkut barang maupun material lainya akan menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah desa melalui BUMDES.

Kepada wartawan Adam Mustari Bendahara Bumdes Desa Waci mengatakan
“Bumdes Desa Waci saat ini menjalani mitra usaha jual beli bahan pangan bersama beberpa kelompok sagu sesuai dengan potensi yang ada saat ini. Para usaha kelompok sagu merasa kewalahan dengan transportasi untuk mendistribusikan produk sagu ke pasar – pasar di wilayah Halmahera, untuk menjangkau beberapa wilayah yang cukup jauh, maka kami dari Bumdes bersama Pemerintah Desa berinisiatif agar mengadakan mobil pic up ini,” kata Bendahara BUMDES, Adam Mustari.

BACA JUGA  Juli 2021, Aula Kantor Desa Buli Asal Sudah Bisa Difungsikan

Adam berharap, pengadaan mobil melalui anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2019 ini dapat membantu para kelompok sagu dan para pengusaha lainya, serta dapat memberikan dampak posisitf bagi BUMDES. “Harapan kami dengan adanya mobil ini bisa membantu kebutuhan usaha kelompok sagu serta menambah pendapatan pada usaha kelembagaan Bumdes kami, selain itu juga bisa membantu kebutuhan warga dalam angkutan material maupun muatan lainya,” harapnya.

Mobil ini sudah direalisasikan oleh Pemerintah Desa Waci melalui Sekretaris Wahid Saidi, Bendahara Desa Ikbal Mapo dan Bendahara BUMDES Adam Mustari, Sabtu (21/12) di Diler Suzuki Kota Ternate Maluku Utara. (Red)

Reporter: Saiful Abdurahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here