Ini Langkah DPPKBP3A Tikep Untuk Menjaga Jarak Kehamilan

156
Suasana Kegiatan Pelayanan KB

TIDORE , CH – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DPPKBP3A) melaksanakan kegiatan bakti sosial pelayanan KB gratis kepada pasangan usia subur (PUS).

Kegiatan dilaksanakan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Oba Selatan dan Kecamatan Tidore Selatan. Di Oba Selatan sendiri sudah dimulai dari tanggal 16-18 dan tanggal 22 september 2021 di Kecamatan Tidore Selatan.  Kegiatan serupa juga pernah dilakukan oleh DPPKBP3A  beberapa minggu yang lalu bersama dengan PKK Kota Tikep, yang dilakukan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Oba dan Tidore Utara.

Kepala DPPKBP3A Tikep, Abdul Rasyid Abdul Latif  saat di konfirmasi via ponsel, Saptu (25/9/2021) mengatakan, target  peserta yang ditetapkan di Kecamatan Oba Selatan dan Kecamatan  Tidore  Selatan sebanyak 200 orang.

“Jadi target kita untuk KB gratis di dua kecamatan ini sebanyak 200 pasangan subur yang akan di layani, hasil pelayanan melampaui target  233 atau 116 persen  pasangan usia subur yang dapat di dilayani,” ungkapnya.

BACA JUGA  Wakil Walikota Terpilih Minta Masyarakat Tikep Dukung Program AMAN Jilid II

Abdul Rasyid juga menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara kodim 1505 Tidore dan Dinas Kesehatan Kota Tikep. Kata dia, program KB ini adalah salah satu cara yang baik untuk mengatur jarak Kehamilan, menekan angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan, mengcegah lahirnya balita stunting serta mewujudkan   keluarga berkualitas menuju Tidore Jang Foloi (bagus sekali).

Selain itu Abdul Rasyid menambahkan, jenis KB yang diberikan adalah kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Ini karena KB jangka pendek, seperti pil dan suntik kata Abdul, sering membuat orang lupa sehingga bisa gagal KB.

“Jadi  Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang kami gunakan dan jenis KB yang kami gunakan yakni, alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)/IUD dan alat kontrasepsi bawah kulit (AKBK) Implan dan Susuk,” sebutnya.

Abdul ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim, Kepala Dinas Kesehatan dan Pimpinan Puskemas yang ikut membantu dan memotivasi PUS yang ikut sebagai peserta KB.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here