Inovasi Kota Tidore Kepulauan Tertinggi di Provinsi Maluku Utara

Waki Walikota Tikep, Muhammad Sinen

 

TIDORE, CH – Di penghujung Tahun 2023, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dibawah kepemimpinan Walikota Capt H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota, Muhammad Sinen, kembali menorehkan prestasi kategori Kota dengan Inovasi tertinggi di Provinsi Maluku Utara.

Atas capaiannya tersebut, Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen memberikan apresiasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kota Tidore kepulauan yang telah berkinerja baik.

“Adanya penilaian dari Pemerintah Pusat, menunjukkan bahwa Kota Tidore menjadi terdepan dan terbaik di Maluku Utara, dalam hal peningkatan inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang berkinerja,” tuturnya, Senin (18/12/2023).

Orang nomor dua di Kota Tidore Kepulauan ini juga menyampaikan, inovasi dan kerja keras para aparatur daerah tidak lain hanyalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi, dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Walikota dan seluruh ASN Kota Tidore Kepulauan atas kerja keras dan kesungguhannya dalam melayani masyarakat,” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Muhammad Sinen mengatakan, Pemerintah Kota Tidore terus bekerja untuk memberikan inovasi dan pelayanan terbaik buat masyarakat, serta menciptakan sistem tata kelola yang berkinerja baik di Maluku Utara.

Munammad Sinen menambahkan, Inovasi menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Tidore kedepannya. Sebab Tidore saat ini tidak punya Tambang, olehnya itu, Aparatur Pemerintahan harus lebih kreatif dan inovasi dalam mengelola pemerintahan, serta terus bersinergi dengan semua pihak, untuk membawa kemajuan Tidore ke arah yang lebih baik lagi.

“Kita akan terus berinovasi dan bekerja keras. Tentu dengan inovasi yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, penurunan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tandas Muhammad Sinen.

Sementara, Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan, Saiful Bahri A. Latif mengatakan, berdasarkan penilaian Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kota Tidore Kepulauan meraih urutan pertama dari 10 Kabupaten Kota di Maluku Utara.

Hasil ini berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.11-6287 Tahun 2023 Tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2023, tertanggal 6 Desember 2023.

“Di Tingkat Nasional, Kota Tidore berada pada urutan ke 34 dari 93 Kota di Indonesia. Tahun ini Kota Tidore naik ke urutan 34 setelah sebelumnya di tahun 2022, Kota Tidore berada pada urutan ke 46 tingkat Nasional,” jelas Saiful.

Saiful menambahkan, Tahun 2023 ini, Kota Tidore menyiapkan 52 inovasi yang berasal dari sejumlah OPD, Kelurahan, Desa dan Puskesmas. Inovasi-Inovasi itu bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, seperti inovasi penurunan stunting dan pengurangan kemiskinan.

“Kami menyampaikan Terima kasih kepada pak Walikota, Pak Wakil Walikota, Pak Sekda, Para Asisten dan Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat, Lurah Kepala Desa dan Kepala Puskesmas atas keikutsertaan dalam inovasi Tahun 2023. Mudah-mudahan kedepan, kita terus berinovasi untuk mempertahankan prestasi ini bila perlu dapat ditingkatkan lagi menjadi sangat Inovatif,” tambahnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan hasil dari Penilaian Mendagri, Tentang Inovasi Kabupaten/Kota di Maluku Utara Tahun 2023, menempatkan Kota Tidore Kepulauan pada urutan tertinggi dengan nilai 56,01 (Inovatif), Kabupaten Halmahera Selatan 53,57 (Inovatif), Kabupaten Halmahera Tengah 48,86 (Inovatif).

Kabupaten Halmahera Timur 45,53 (Inovatif), Kota Ternate 43,60 (Inovatif), Kabupaten Pulau Morotai 41,43 (Inovatif), Kabupaten Halmahera Barat 39,18 (Inovatif), Kabupaten Halmahera Utara 16,48 (Kurang Inovatif), Kabupaten Pulau Taliabu 7,70 (Kurang Inovatif), dan Kabupaten Kepulauan Sula 0,80 (Kurang Inovatif). (Uca)

Show More
Back to top button