Julkifi Ohorella: Pemkot Tidore Intens Berkoordinasi Dengan Pihak Kesultanan

161

Julkifi Ohorella

TIDORE, CH – Perhelatan Sail Tidore Tinggal menunggu hari. Akan tetapi sampai sejauh ini belum terlihat kalimat ucapan Sail Tidore oleh pihak kesultanan Tidore

Hal ini menimbulkan berbagai isu bahwa pihak Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tidak melibatkan dan tidak pernah berkordinasi dengan pihak Kesultanan Tidore.

Untuk menepis isu tersebut, Sekretaris Panitia Kerja Sail Tidore, Julkifi Ohorella saat dikonfirmasi Minggu (13/11/2022). mengungkapkan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan selalu intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak kesultanan.

“Pihak pemerintah intens berkordinasi dengan pihak kesultanan dan pihak kesultanan mendukung itu, karna ini acaranya acara kita semua, baik pemerintah, baik adat dan seluruh masyarakat di Tidore bahkan Maluku Utara. Dari pihak kesultanan merapat posesif untuk mendukung Sail Tidore ini,” katanya.

Tak hanya itu Julkifi juga menjelaskan bahwa salah satu acara Sail akan dilaksanakan di Kedaton Kie Kesultanan Tidore.

“Ada salah satu acara pada tanggal 26 di kesultanan itu, yakni makanan Adat untuk presiden itu ada di kadaton,” jelasnya.

BACA JUGA  Wakil Presiden RI Bakal Hadiri Dua Seminar Nasional di Tidore

Julkifi juga mengatakan, untuk berkordinasi dengan Sultan Tidore, H. Husain Sjah, belum dilakukan mengingat kondisi Sultan dalam masa pemulihan. Namun, dirinya bersama Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain intens melakukan komunikasi dengan para Bubato (bahawan sultan).

“Kita tau kondisi Sultan saat ini dalam kondisi pemulihan, ada bubato-bubato yang beliau tugaskan berkordinasi dengan pihak pemerintah dan panitia untuk acara-acara di kandaton maupun acara di luar biasa berjualan dengan baik,” jelasnya.

Untuk makan adat sendiri belum diketahui pasti apa saja yang dibuat dikarenakan makanan adat tersebut disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Tidore.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here