Mensos RI Tinjau Langsung Warga Dan Lokasi Banjir Di Halmahera Utara

179

Try Rismaharini, Menteri Sosial (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Bencana alam yang menimpa warga di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara beberapa hari lalu mendapat empati dari Presiden Joko Widodo. Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan Menteri Sosial (Mensos), Try Rismawati ke Halut.

Kedatangan Try Rismaharini beserta rombongan dari Ternate menggunakan pesawat air fast PK-OCF milik PT.NHM. Try Rismaharini didampingi Dirjen Linjamsos Papen Nazarudin, Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin, Danrem 152 Babulah Brigjen TNI Imam Sampurno, Kajati Malut Dr.Erryl Prima Putra Agoes, Kabinda Malut Brigjen TNI Dudy Fristiyanto, S.A.P, M.A.P.

Rombongan ini mendarat di Bandara Gamar malamo Galela, Selasa (19/1/2021) dan disambut langsung oleh Forkompimda Halut, antara lain Bupati Ir. Frans Manery, Pj Sekda Judihart Noya, Kapolres Halut AKBP. Priyo Utomo Teguh Santoso SIK SH. Msi, Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf. I Putu Eka Putra Witharsana, Kajari Tobelo, I Ketut Tarima Dharsana.

Try Rismaharini dan rombongan langsung menuju Desa Duma untuk melihat dan bertatap muka dengan  masyarakat yang diungsikan. Mantan Walikota Surabaya ini juga langsung menyerahkan sembako secara simbolis kepada Bupati Halut Ir. Frans Manery dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Pastikan Distribusi Vaksin Merata Hingga Ke Pelosok

Bupati Halut Ir. Frans Manery mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dengan hadirnya Menteri sosial RI di wilayah yang terdampak banjir.

“Yang berada di Desa Duma ini adalah penduduk dari desa Roko yang kehilangan rumah karna longsor dan hal yang sangat urgen adalah putusnya jembatan yang menghubungkan ke beberapa kecamatan yang ada di Halut,” kata Frans di depan Mensos.

Sementara itu Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba juga menyampaikan rasa syukur atas kedatangan Mensos guna melihat bencana alam yang terjadi di Halut. “Kami bersyukur dengan kedatangan Menteri Sosial yang sangat cepat merespon terkait dengan adanya bencana alam di Halut,” uacapnya.

Menteri Sosial RI, Try Rismaharini mengatakan, pihaknya ditugaskan oleh Presiden Jokowidodo untuk meninjau lokasi yang terjadi di Halut.

“Saya ditugaskan oleh Presiden untuk meninjau kawasan untuk melihat langsung daerah yang terjadi  bencana alam dan saya berkesempatan untuk hadir di sini,” ujarnya.

Sementara itu, warga pengungsi meminta agar kehadiran Mensos ini bisa merelokasi Desa Ruko yang terus dilanda banjir pada saat hujan deras.

BACA JUGA  Polsek Tobelo Serahkan Bantuan Ke Warga Yang Terdampak Banjir

“Untuk merelokasikan sebuah desa diperlukan waktu dan rencana yang matang dan saya akan berupaya secepat mungkin dan diharapkan kesabaran dari masyarakat,”jawab Try atas permintaan warga.

Setelah itu rombongan menuju lokasi ambruknya Jembatan Tiabo di Desa Ngido Kecamatan Galela Barat untuk melihat langsung kondisi jembatan.

Setelah memantau lokasi jembatan, rombongan langsung kembali ke Bandara Gamar Malamo Galela untuk kembali ke Ternate dengan menggunakan pesawat yang sama.

Dalam kunjungan itu, Pemerintah Propinsi Malut memberikan bantuan ke seluruh desa yang terdampak banjir sebesar. Rp.1.867.927.991 terdiri dari logistik Rp 1.377.116.210, sembako Rp 198.001.000,
logistik dari Gudang Malut Rp  262.361.681 dan Bantuan logistik lainya Rp 30.439.100.

Sementara Pemda Halut, Rp 490.811.781 yang terdiri dari, 1000 paket sembako Rp 198.011.000, logistik dari Gudang Malut Rp 262.361.681 dan logistik Rp 30.439.100. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here