Jumlah ODP Di Halut Terus Meningkat

348

Deky Tawaris, Juru Bicara Tim Satgas Covid 19 Halut (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) terus mengalami peningkatan. Hingga, Kamis (9/4/2020) jumlah ODP di Halut sebanyak 72 orang.

Hari sebelumnya, jumlah ODP yang dirilis oleh Satgas Covid 19 Halut hanya sebanyak 65 orang.Koordinator Publikasi dan Kehumasan Satgas Covid-19 Halut, Drs. Deky Tawaris, MM mengatakan, jumlah ODP saat ini mengalami peningkatan sebanyak tujuh orang yang berasal dari Kecamatan Malifut 1 orang, Kecamatan Kao Utara 1 orang, dan Kecamatan Tobelo Selatan 5 orang.

“Ketujuh orang ini mempunyai riwayat perjalanan dari daerah zona merah atau daerah yang telah terinfeksi covid-19, sehingga demi pencegahan penularan covid-19, ketujuh orang tersebut saat ini telah menjalani masa karantina selama 14 hari di Hotel Bryken Tobelo,” kata Deky.

Lanjut Deky, demi melakukan pencegahan Covid 19 di Halut pemerintah telah menyiapkan tempat karantina terpusat bagi setiap warga atau masyarakat yang mempunyai riwayat perjalanan dari daerah terinfeksi pandemic Covid-19.

BACA JUGA  Bupati Halut Resmi Lantik Yudihart Noya Sebagai Pejabat Sekda

“Hari ini, Orang Dalam Pemantauan sebanyak 72 orang, Pasien Dalam Pengawasan  (PDP) sebanyak 2 orang, dan sampai saat ini belum ada orang yang positif Covid-19 di wilayah Halut,” sebutnya.

Deky menambahkan, dari total ODP tersebut, sebanyak 15 orang saat ini dikarantina di Hotel Bryken Tobelo Desa Wosia. Mereka memiliki  riwayat perjalanan ke daerah yang telah terpapar Covid-19. 7 orang dari Makasar, 2 dari Tasikmalaya , 4 dari Jogjakarta , 1 dari Jakarta dan 1 orang dari Padang .

“Apabila 14 hari kedepan tidak ada muncul gejala kearah terpapar Covid-19, maka  mereka akan dipulangkan kerumah masing-masing. Tetapi jika dalam masa karantina  ada salah satu diantaranya mengalami gejala dari Covid-19, maka akan langsung dirujuk ke RSUD Chasan Bosoeri Ternate yang telah disiapkan sebagai rumah sakit rujukan khusus pasien Covid-19,” jelasnya.

15 ODP yang dikarantina di Hotel Bryken Tobelo diantaranya, Husain Kamaligo, Isra Abiduna, Badrun Fandelmo, Ahmad Lumondo, Safrudin Lumondo, Irsan Pelor, Sriulandari Pelor,  Filda Umar, Sairah Makutulu, Edgarhd Matheis, Aron Itang, Richard Itang, Juan Ernesto Wairo, Amar Hasim dan Ciptono Setio Budi. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here