Pemerintah Pusat Renovasi Puluhan Sekolah Di Haltim

488

Kepala Dinas Pendidikan Beny Sutarman

MABA,CH – Sedikitnya 10 gedung sekolah yang ada di Kabupaten Halmahera  (Haltim) Provinsi Maluku Utara direnovasi. Perbaikan ini dilakukan karena kondisi gedung mulai mengalami kerusakan.

10 sekolah yang diperbaiki itu diantaranya,SD N Bicoli, SD N Marasipno, SMP N 8 Maba, SD N Gamesan,SD N Tukur-Tukur,SD Inpres Lolobata, SD N Silalayang, SMP N 7 Satap Wasile, SD N Tatam, dan SD Negeri Majiko Tongone.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Haltim, Beny Sutarman mengatakan, puluhan sekolah yang sementara dalam tahap perbaikan itu anggaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Pekerjaan proyek tersebut juga ditangani langsung oleh pihak kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Sekolah ini kan kondisinya banyak yang sudah rusak setidaknya harus ada perbaikan atau renovasi. Untuk merenovasi sekolah butuh anggaran, sesuai  instruksi Pak Bupati dengan keterbatasan APBD, torang harus bisa melakukan komunikasi dengan pusat,” kata Beny di ruang kerjanya, Jumat (23/8/2019).

Beny kembali menegaskan, pelaksanaan renovasi gedung sekolah itu tidak ditangani langsung oleh Dinas Pendidikan. Tugas dari Dinas Pendidikan hanya melakukan pengusulan ke kementrian PUPR. “Kegiatan tersebut bukan dari Dinas Pendidikan, kami hanya mengususlkan,  kalu disetujui tim ahli dari kementrian sendiri yang terjun langsung ke lapangan,” tegasnya.

BACA JUGA  Pemkot Tikep Hadiri Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi

Lebih jelas lagi kata Beny, biaya yang dibutuhkan  sesuai dengan hasil survei tingkat kerusakan gedung. Selain itu, tim survei dari kementrian juga akan melihat kekurangan yang ada di sekolah tersebut.

“Kalau ada yang kurang di tambah misalnya pagar sekolah tidak ada berarti di tambah pagar, kemudian di situ misalkan MCK nya belum ada akan di bangun MCK juga. Jadi  begitu selesai, sekolahnya pun sudah lengkap,” jelasnya, seraya mengatakan pengusulan perbaikan kerusakan gedung sekolah di tahun anggaran 2020, sudah mulai dilakukan survei oleh tim dari kementrian. (Ady)

Reporter: Rustam Gawa

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here