Ribuan Pengungsi Di Halut Pulang Rumah, 45 KK Masih Nginap Di Lapangan

144

Ribuan Pengunsi Yang Hendak Pulang Ke Rumah (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Sebanyak 1.016 jiwa pengunsi warga Desa Roko Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara yang diungsikan pekan lalu di Desa Duma akibat banjir akhirnya sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Meskipun demikian, masih ada 45 Kepala Keluarga (KK) lainnya  yang belum diperbolehkan pulang dan masih menetap di tempat pengungsian tepatnya Lapangan Sepak Bola, lantaran rumah mereka rusak berat.

“Hari ini dari BPBD bersama SAR mengembalikan pengunsi Warga Roko yang berada di Desa Duma dengan jumlah 1.016 jiwa ke rumah masing-masing, namun ada sekitar 45 KK yang belum bisa tempati rumah karna rusak sehingga BPBD membuat tempat pengunsian baru di  sekitar lapangan bola Desa Roko,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut, Abner Manery, Rabu (20/1/2021).

Dari 45 KK yang sementara masih nginap di Lapangan Sepak Bola itu, Abner meminta agar bersabar karena masih dicarikan tempat yang lebih aman untuk dibangun rumah. “Ke 45 KK kami masih menunggu arahan untuk dibangun rumah mereka,”ujarnya

BACA JUGA  Presiden Jokowi Pastikan Distribusi Vaksin Merata Hingga Ke Pelosok

Disebutkan, BPBD sendiri, Selasa (19/1) kemarin juga telah mengirimkan bantuan
kepada warga untuk 10 KK di Desa Ngajam Kecamatan Loloda Utara.

“Kemarin sudah kami salurkan bantuan ke Desa Ngajam lewat speed boat untuk 10 KK 56 jiwa dan bantuan yang disalurkan sesuai kebutuhan warga setempat,”tandasnya. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here