Terminal dan Pelabuhan Rum Resmi Beroperasi

83
Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim Didampingi Wakil Walikota, Muhammad Sinen Saat Gunting Pita

TIDORE, CH – Setelah beberapa bulan tidak dioperasikan, Terminal dan Pelabuhan Rum di Kelurahan Rum Balibunga Kecamatan Tidore Utara akhirnya kembali beroperasi. Setelah diresmikan oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim di dampingi Wakil Walikota Muhammad Sinen, Jumat (7/1/2022).

Mengawali sambutannya, Ali Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan bersama jajaranya yang sudah bekerja keras membantu membangun infrastruktur  Terminal dan Pelabuhan Rum.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan bersama jajaranya yang telah bekerja keras dan bekerja sama dengan pelaksanan proyek maupun pihak terkait lainya untuk membangunan infrastruktur Terminal dan Pelabuhan Rum hingga dapat beroperasi kembali pada hari ini,”ucap Ali Ibrahim.

Ali juga menambahkan, pembangunan kembali fasilitas Terminal dan Pelabuhan Rum oleh pemerintah, diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat di Kota Tidore Kepulauan dalam hal meningkatkan kegiatan ekonomi, menunjang kelancaran arus orang, barang sertas aktivitas perdagangan antar pulau, sehingga bisa mensejahterahkan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga menitipkan pesan kepada semua pihak untuk sama-sama menjaga kebersihan serta keamanan Terminal dan Pelabuhan Rum.

BACA JUGA  KH. An'im Fatahna Kembali Terpilih Sebagai Ketua NU Kota Tikep

“Secara tidak langsung kita telah membantu pemerintah dalam upaya membangun daerah kita menuju Tidore Jang Foloi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen ikut menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu menyampaikan masukan serta saran untuk bagaimana  membangun Kota Tidore ke depan yang lebih baik.

“Ditempat ini, saya himbau kepada kita semua, terkhusus lagi Kelurahan Rum dan Rum Balibunga, teman-teman Pers dan Stakeholder semua, saya dan bapak walikota, kami hanya manusia biasa, kritik dan masukan itu wajib disampaikan kepada kami,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad dalam laporannya mengatakan rehabilitasi gedung Terminal Penumpang dan areal Parkir Pelabuhan Rum terdiri dari pekerjan lantai satu dengan delapan ruangan, lantai dua dengan dua ruangan dan pekerjaan rehabilitasi areal parkir serta bangunan gedung fasilitas penunjang.

“Sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perhubungan, melalui dana tugas pembantuan Tahun Anggaran 2021, dengan nilai kontrak Rp. 10. 395. 561.000,” sebut Daud.

BACA JUGA  Datang Ke Maitara, Asma Ismail Bagi Sembako Dari Rumah Ke Rumah

Peresmian Terminal dan Pelabuhan Rum diawali dengan penguntingan pita kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Terminal dan Pelabuhan.

Sebelumnya, Pelabuhan Feri Dowora serta pelabuham Feri Galala juga sempat absen beroperasi beberapa bulan, dan sudah diaktifkan kembali pada akhir Desember 2021 setelah dinyatakan selesai renovasi.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi  Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here