Tidak Transparansi ADD Dan DD, Kades Tobo-Tobo Didemo

612

IPMT Saat Menggelar Aksi Di Depan Kantor Desa Tobo Tobo (Foto: Rustam CH)


TOBELO,CH – Ikatan Pelajar Mahasiswa Tobo-Tobo (IPMT) melakukan aksi di depan kantor Desa Tobo-Tobo kecamatan Loloda Kepulauan (Lokep) Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Aksi ini diduga adanya pemerintah desa setempat tidak transparansi soal penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Kordinator Lapangan (Korlap), Ali Baslim Taufi kepada CerminHalmahera.com meminta pihak pemerintah desa setempat untuk transparansi anggaran ADD dan DD. “Suda tiga tahun lamanya tidak ada rapat umum, maka masyarakat resah dengan persoalan ini, ini terlihat jelas merusak keuangan negara,”kata Ali saat di hubungi via telepon, Selasa (7/7/2020)

Lebih parah lagi kata Ali, struktur pemerintahan desa yang dipimpin oleh Dahlan Ismail selaku kepala desa ini pun tidak jelas alias amburadul. Padahal dalam Undang-undang Desa pasal 67 dan 68 telah menjelaskn bahwa masyarakat berhak mendapatkan informasi.

“Begitu juga dengan anggaran Covid -19 sampai saat ini masyarakat setempat belum menerima padahal hal ini sangat diharapkan masyarakat,” bebernya.

BACA JUGA  Kejar Jaringan, Siswa MTs Nurul Huda Ujian Sekokah Dibawah Terpal

Tak hanya itu, Ali juga menambahkan ada anggota BPD di desa itu merangkap jabatan yang mana bisa di bilang menerima gaji atau upah yang berlipat ganda. “Merangkap mulai dari BPD, guru Paud, SD dan SMP, masyarakat bingun apa ini tidak diatur dalam undang-undang desa,” tanyanya.

Masa aksi meminta agar pemerintah daerah dalam hal ini instansi terkait agar segerah turun dan periksa terkait dengan persoalan ini yang ada di desa tersebut. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here