Tim Perpustakaan Nasional Temukan 13 Manuskrip Kuno di Kota Tikep

367

Ade Rakib Bersama Novi Murdiyanti

TIDORE, CH – Tim Perpustakaan Nasional dibawah reservasi ahli media dan bahan Perpustakaan Nasional melakukan reservasi naskah kuno di Kota Tidore Kepulauan Kepulauan (Tikep).

Ketua Tim Preservasi ahli media dan bahan perpustakaan nasional, Novi Murdiyanti ditemui beberapa awak media mengungkapkan kehadiran mereka untuk memberikan perawatan kepada naskah kuno yang di Kota Tidore.

“Tujuan kami ke Tidore untuk memberikan perawatan kepada pemilik naskah kuno, baik naskah pribadi maupun institusi kami rawat. Kami alih mediakan, yang tadinya rusak menjadi baik kemudian yang tadinya rapuh bisa menjadi naskah naskah yang berguna dibaca anak cucu kita,” ungkap Novi Murdiyanti, Jumat (25/6/2022).

Novi juga menjelaskan ada tiga belas manuskrip kuno yang ada di Kota Tidore di antara riwayat Siti Fatimah Syam, Thasawuf dan Samad Thariqat, Amalan Arwahan, Amalan Sattariah, Silsilah At Tamimi (Lembaran), Amalan Haddat, Kitab dan Tarikah Usuluddin, Buku 12 Catatan Peristiwa Kesultanan Tidore, Nahu Shorof (Naskah Besar), Rabea Ismail Mastura Saban, Nahu Shorof (Naskah Kecil), Bab Sholat- Tentang Penciptaan Alam (Naskah Gulung), dan ke yang terakhir judul tidak diketahui.

BACA JUGA  Jalan Kalaodi-Fobaharu Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Dari tiga belas manuskrip kuno tersebut ada yang terbuat dari daruang. Daruang merupak kulit kayu yang di buat setipis mungkin untuk dijadikan media untuk menulis,” jelasnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Perpustakaan Kota Tikep, Ade Rakib sangat berterimakasih kepada Tim Reservasi ahli media dan bahan perpustakaan nasional, dan berharap tim ini bisa kembali lagi ke Tidore.

“Ini merupakan satu kegiatan yang cukup luar biasa, dan saya berharap kepada tim untuk kembali lagi, karena saya yakin masih banyak manuskrip kuno di Kota Tidore ini masih banyak,” kata Ade.

Perlu diketahui Manuskrip kuno yang masuk kriteria minimal lima puluh tahun, kemudian tertulis tangan, dan jumlahnya itu terbatas.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here