Walikota Tidore Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Mobile Training Unit

Walikota Tidore, H. Ali Ibrahim

TIDORE, CH –Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tidore Kepulauan menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Mobile Training Unit (MTU) yang dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim, di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore, Kamis (8/9/2022).

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pelatihan berbasis Kompetensi yang dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate Tahun 2022. Ali berharap kegiatan ini dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Tidore Kepulauan.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing dalam rangka memberikan kontribusi lebih besar pada pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja, yang makin dinamis dan berkembang guna memberi kontribusi pada pengembangan sektor prioritas,” harapnya.

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate mendapat empat paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi terdiri dari pelatihan hidroponik dua paket, pelatihan menjahit pakaian dengan satu mesin satu paket dan yang terakhir pelatihan kecantikan rambut satu paket, yang hendaknya dimanfaatkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat.

“Program pelatihan berbasis kompetensi sangat diperlukan untuk membekali tenaga kerja memasuki dunia kerja. Selain itu meningkatkan kemampuan masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan, menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi bertambahnya angka pengangguran,”tutup Ali.

Menutup sambutannya Walikota Tidore Kepulauan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate yang telah menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk Kota Tidore Kepulauan seraya berharap semoga kerja sama ini terus terjalin, dan bagi para peserta untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate Abdul Aziz, MSP mengatakan, tujuan penyelenggaraan pelatihan ini bagaimana menyiapkan calon tenaga kerja yang kompeten, produktif dan berdaya saing dalam rangka memberikan kontribusi lebih besar pada perkembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang, serta sesuai dengan potensi unggulan daerah.

“Memalui pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali keterampilan dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan usaha kerja mandiri,” jelas Abdul Aziz.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

Show More
Back to top button