Walikota Tidore Donor Darah di Bakti Kesehatan Hari Nusantara 

Walikota Tidore Donor, H. Ali Ibrahim Saat Donor Darah

TIDORE, CH – Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim Ikut mendonorkan darah di bakti Kesehatan Hari Nusantara. Bakti kesehatan merupakan rangkaian kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Pelabuhan Trikora Kota Tidore Kepulauan, Minggu (10/12/2023).

Dalam kegiatan itu, salah satu pelayan kesehatan yang dilakukan adalah donor darah, dimana kegiatan donor darah ini diikuti ratusan warga, termasuk Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim. Donor darah dilaksanakan di dalam Kapal Bantu Rumah Sakit TNI Angkatan Laut KRI dr. Wahidin Sudirohusodo.

“Kalau diusia 65 tahun keatas itu dianjurkan untuk tidak lagi donor darah, tapi tadi saya buat surat pernyataan kesediaan donor jadi saya bisa donor,” ungkap Ali.

Ali Ibrahim juga memantau pelaksanaan kegiatan Khitanan masal, pemeriksaan gigi dan mulut, serta Pemeriksaan kesehatan Umum. Dalam pemantauannya ini Ali menyampaikan Apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang telah bekerjasama untuk melakukan Bakti Kesehatan di Hari Nusantara ini.

“Allhamdulilah kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya dilakukan pada Sail Tidore tahun Lalu, dan Empat layanan kesehatan di hari ini masyarakat cukup Antusias,” tutur Ali Ibrahim.

Ia menghimbau kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan agar menjaga ketertiban dan keamanan selama penyelenggaraan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan, yang pembukaannya sudah dilangsungkan pagi tadi di Pantai Tuguufa.

“Jadi saya harap kepada masyarakat Maluku Utara khususnya kita di Kota Tidore Kepulauan, agar selalu menjaga keamanan selama hari Nusantara ini berlangsung,” Imbau Ali.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, Abdul Majid Do M. Nur saat ditemui di lokasi mengatakan, Antusias warga Kota Tidore di Bakti kesehatan dalam rangka Hari Nusantara cukup banyak, sejak dibuka pendaftaran pada pukul 07:00 WIT, Ratusan warga sudah berdatangan melakukan registrasi pemeriksaan kesehatan.

“Kegiatan Bakti Kesehatan ini, dilakukan empat pelayanan Kesehatan, yakni pengobatan gigi dan mulut,pemeriksaan kesehatan umum,Donor darah serta Khitanan, dari empat jenis pelayanan tersebut jumlah warga yang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melebihi target, kami dari Dinkes menargetkan, untuk pendonor darah 100 orang pendonor, Khitanan juga 100 orang, Peleyanan kesehatan umum 50 orang, kesehatan Gigi dan mulut kitavtargetkan sekitar 30 sampai 50 orang,” ungkap Majid.

Namun dilihat dari banyaknya antusias masyarakat kemungkinan melebihi target, sambung Majid, untuk pelayan sendiri dilaksanakan di dua tempat, yakni di dalam KRI dr. Wahidin Sudirohusodo dan di terminal Pelabuhan Trikora.

“Jadi untuk pelayanan Khitanan, pemeriksaan gigi dan Mulut dan Donor darah dilakukan didalam Kapal dr Wahidin Sudirohusodo, kemudian untuk pemeriksaan kesehatan umum dilakukan di Terminal Pelabuhan Trikora,” Jelas Majid.

Majid menambahkan, hingga pukul pukul 11:30 WIT warga yang datang melakukan registrasi masih cukup banyak, baik untuk pemeriksaan kesehatan umum,gigi dan mulut, Khitanan, maupun Donor Darah.

“Kita juga belum merekap secara keseluruhan berapa jumlah pasien, mungkin setelah kegiatan baru kami sampaikan,” tambah Majid.

Sementara, saat ditemui di lokasi, salah satu Warga Kota Tidore Kepulauan mengatakan, sangat terbantu dengan adanya kegiatan bakti Kesehatan pad Hari Nusantara, dimana pada kegiatan tersebut dilakukan khitanan masal yang mendapat antusias dari warga untuk menyunat anaknya. Sebab, pelayanan Khitanan masal ini dilakukan secara cuma cuma dan diikuti ratusan anak.

“Sangat terbantu, sebab ini gratis hingga kami tidak lagi mengeluarkan biaya, Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah dan TNI Angkatan Laut yang telah melakukan kegiatan Bakti Kesehatan ini, menurutnya, kegiatan Hari Nusantara dilaksanakan tujuannya adalah mengekspos nama Kota Tidore ke kancah nasional,” ucapnya

Namun dibarengi dengan kegiatan yang meringankan beban masyarakat Kota Tidore juga, tambahnya, kalau misalkan ke depan ada event  yang sama di Kota Tidore lagi, ia harap Bakti kesehatan seperti ini juga disertakan, karena masyarakat sangat terbantu, karena kegiatan Bakti Kesehatan ini tidak hanya untuk warga Kota Tidore Kepulauan saja,namun terbuka untuk umum. (Uca)

Show More
Back to top button