Warga Spanyol Bakal Pentas Wayang Golek Di Tikep

733

Pertunjukan  Wayang Golek Den Kisot


TIDORE, CH- Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) siap menyambut kedatangan crew  Wayang Golek Den Kisot. Kedatangan mereka untuk melakukan pementasan, yang dijadwalkan pada 19 Desember 2019.

Menyambut kedatangan crew ini,  Sekretaris Daerah Kota Tikep Asrul Sani Soleiman, Jumat (6/12) menggelar rapat bersama para pimpinan Organisi Perangkat Daerah (OPD) di ruang rapat walikota.

 Dalam pertemuan tersebut Asrul Sani Soleiman mengatakan, untuk kesiapan rencana pementasan Wayang Golek ini perlu ada kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar kegiatan tersebut dapat terlaksanakan sesuai rencana.

Wayang Golek sendiri merupakan  pementasan yang dilaksanakan atas kerja sama Kedutaan Besar Spanyol dengan Kementerian Luar Negeri RI. Seluruh crew termasuk dalang dan sinden merupakan warga Spanyol yang telah mempelajari seni Wayang Golek Indonesia. Wayang Golek sendiri sebelumnya telah berkeliling di sejumlah kota di Indonesia untuk melakukan pementasan, termasuk di Kota Tikep.

Seperti dihimpun dari sejumlah sumber, Den Kisot diadaptasi dari novel abad ke-17 dan akan memakai konsep teater tapi dengan idiom Wayang Golek. Nantinya akan ada unsur komedi yang ketika pementasan juga dilatari dengan tarian serta musik-musik kontemporer sebagai pengganti gamelan.

BACA JUGA  Mempererat Tali Silaturahmi, Kabinda Malut Kunjungi Kesultanan Tidore

Kesiapan Pemkot Tidore dalam menggelar Wayang Golek merupakan wujud dukungan atas kerjasama Kedutaan Besar Spanyol dengan Kementerian Luar Negeri RI dalam mempersiapkan Sail Tidore 2021 mendatang. 

“Apalagi Pemerintah Spanyol dan Indonesia saat ini tengah merancang konsep Kota Kembar Tidore-Sevilla, sebagai bentuk persahabatan Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara Spanyol,” jelas Asrul Sani Soleiman. (Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here