Workshop Pengkaryaan Musik Tradisi Kota Tidore Resmi Dibuka

Pemukukan Gong Oleh Yakub Husain

TIDORE, CH – Workshop Pengkaryaan Musik Tradisi Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 resmi dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemesyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yakub Husain.

Kegiatan yang di tandai dengan pemukulan Gong ini berlangsug di Café Borero Kelurahan Tomagoba, Rabu (26/7/2023).

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Kepala Kelurahan Soasio, sebanyak dua puluh orang pemusik yang berada di Kota Tidore Kepulauan.

“Dengan adanya Workshop Musik ini akan menjadi acuan untuk kita menyikapi perkembangan musik tradisional yang merupakan bagian penting dari kemajuan Kebudayaan di Kota Tidore Kepulauan,” ucap Yakub Husain dalam sambutanya.

Mantan Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kota Tidore ini juga menambahkan, dengan mengikuti workshop ini para peserta musik bisa menyerap ilmu dan terus menjaga masuk tradisonal sehingga musik tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Saya berharap kepada para peserta workshop agar dapat mengambil ilmunya dan ikut menjaga musik-musik tradisonal yang berada di Kota Tidore Kepulauan untuk terus dikembangkan,” harapnya.

Sementara itu, laporan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tidore Kepulauan, Ade Soleman menyampaikan workshop ini bertujuan dalam mendukung kemajuan kebudayaan daerah melalui program pengembangan kebudayaan dan juga sebagai pelestarian kesenian tradisonal.

Pada kesempatan yang sama juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad menyampaikan, bahwa musik-musik tradisonal Kota Tidore akan didengarkan ditempat umum dan pelabuhan-pelabuhan yang berada di Kota Tidore sebagai gerbang masuk di Wilayah Kota Tidore.

Lanjut dia, para pengunjung yang masuk Kota Tidore akan mendengarkan para kreatif tradional yang dilakukan oleh anak-anak daerah yang ikut juga melestarikan kebudayaan Kota Tidore.

“Saya akan membicakan dengan bapak walikota sehingga kita akan melauncing musik-musik ini untuk didengarkan kemasyarakat banyak,”tambahnya. (Uca)

Show More
Back to top button