14 Tahun Pabrik Es Balok di Saketa Tak Berfungsi

180
Kondisi Bangunan Pabrik Es Balok di Desa Saketa

HALSEL, CH- Mubajir, pabrik pembuatan es balok di Desa Saketa Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan yang dibangun sejak 14 tahun yang lalu hingga saat ini tidak difungsikan. Warga meminta Pemerintah Daerah setempat mencari solusi agar pabrik tersebut bisa difungsikan.

Informasi yang dihimpun cerminhalmahera.com, bangunan pabrik tersebut dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2007-2008. Namun hingga saat ini, bangun tersebut tidak difungsikan. Tampak terlihat, bangunan pabrik mulai rusak, sejumlah atap bangunan tak lagi kelihatan, rerumputan tampak terlihat mengelilingi bangunan.

Tidak hanya itu, jembatan laut yang merupakan satu kesatuan dari bangunan pabrik tersebut juga rusak berat. Tinggal tiang-tiangnya saja yang kelihatan. Padahal proyek yang menelan anggaran hingga miliaran ini dibangun untuk meringankan beban para nelayan di wilayah itu.

“Padahal sebelumnya kami masyarakat dan khususnya nelayan bersukur bahwa bakal di bangun pabrik es, namun setelah bangunannya sudah di bangun sekaligus jembatan, pada akhirnya tak dapat di jalankan oleh pemerintah setempat. Bahkan jembatan yang sudah dibangun tak dapat digunakan lagi karena rusak, yang ada hanyalah tiang jembatan,” kesal Udin, salah satu nelayan di Desa Saketa, Jumat (11/3/2022).

BACA JUGA  Anggota DPRD Malut Jaring Asmara Di Desa Laluin

Udin bersama warga setempat berharap, Pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Bupati, Usman Sidik bisa mencari jalan keluar untuk membangun kembali pabrik tersebut kebutuhan para nelayan maupun warga lainya.

“Kami selaku masyarakat di pesisir Gane Barat dan Gane Timur sangat membutuhkan adanya Es Balok dengan maksud hasil tangkapan ikan dan lain lain  dapat teratasi dengan baik dan tentunya sangat membantu kami selaku nelayan,”harap Udin. (Yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here