Bawaslu Kota Tidore Gandeng Insan Pers Kawal Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Amru Arfa

TIDORE, CH – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, bersama Insan Pers menggelar rapat koordinasi (Rakor) Publikasi dan Dokumentasi.

Kegiatan dengan tema “Peran Pers Dalam Memperkuat Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024” ini berlangsung di Meeting Room Penginapan Bougenville, Kota Tidore selama dua yang berakhir, Kamis (21/9/2023).

Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Amru Arfa dalam sambutanya menyampaikan, peran pers sangat penting dalam kegiatan tahapan pengawasan Pemilihan Umum atau Pemilu.

“Mengapa hari ini kami lakukan rapat koordinasi melibatkan pers Kota Tidore?, karena peran pers sangat penting dalam hajatan demokrasi,” jelasnya.

Amru menjelaskan, peran pers adalah sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Dimana dalam tugas-tugasnya pers memberi informasi terkait kegiatan-kegiatan kepemiluan, agar penguatan hubungan antara penyelanggara oemilu diperkuat.

“Dan untuk mempererat hubungan antara Bawaslu dan pers, maka dalam beberapa hari ke depan kita akan lakukan Memorandum of Understanding atau MoU dengan teman-teman pers,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam setiap kali pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu, Bawaslu selalu melibatkan Pers dalam proses pengawasan, baik itu dalam tahapan kampanye, maupun pada saat hari pencoblosan, sehingga kerja sama tersebut selalu terjaga.

“Di Pilkada tahun 2020 lalu, kami juga lakukan kerja sama dengan pers hingga pada tahapan pencoblosan, dan kerja sama seperti ini akan kita ulangi pada pemilu tahun 2024,” jelas Amru. (Uca)

Show More
Back to top button