Di Halut, ODP Virus Corona Bertambah Jadi 12 Orang

624
cerminhalmahera
Juru Bicara Pemkab Halut, Deky Tawaris

TOBELO, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) membeberkan data baru terkait dengan status Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau Covid 19. Dari data tersebut, jumlah warga Halut yang berstatus ODP sebanyak 12 orang yang tersebar disejumlah kecamatan.

Data dari Pemerintah  Halut ini tampaknya mengangalami peningkatan, karena data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Propinsi pada tanggal 21 Maret 2020 untuk status ODP dan status Pasien Dan Pengawasan (PDP) untuk kabupaten kota, Halut hanya terdapat 5 warga yang berstatus ODP.

Juru bicara (Jubir) Pemkab Halut, Deky Tawaris menyebutkan, dari 12 warga yang berstatus ODP ini tersebar di beberapa kecmatan melalui puskesmas setempat. Yakni, Kecamatan Malifut 1 orang, Tobelo Selatan 1 orang, Tobelo Tengah 3, Tobelo 3 orang dan Tobelo Utara 4 orang. “Dari 12 orang ini masih dalam status Orang Dalam Pemantauan (OPD) karena memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah,”kata Deky saat dihubungi Cermin Halmahera, Minggu (22/3/2020).

Terkait hal ini, Deky meminta agar masyarakat Halut untuk tidak merasa panik, terpenting adalah mengikuti semua anjuran atau himbauan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Pusat, propinsi maupun daerah yang merujuk pada maklumat kapolri. “Waktu libur untuk anak sekolah dipergunakan untuk belajar di rumah, pengurangan kehadiran ASN di kantor kiranya dapat bekerja dari rumah. Kepatuhan, ketaatan pada himbauan dan instruksi pemerintah adalah upaya kemanuasian untuk menyelamatakan jiwa banyak orang terkait dengan covid 19,” jelasnya.

BACA JUGA  ODP Di Halut Capai 74 Orang

Deky juga berharap, perlu adanya kesadaran dari setiap warga untuk menjaga serta mencegah wabah virus yang sangat membahayakan itu. “Kami harap peran aktif masyarakat untuk melawan masalah ini (corona),” harapnya. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here