Direktur Bangda Gelar Rapat Acara Puncak Sail Tidore

Rombongan Saat Meninjau Lokasi Sail Tidore

TIDORE, CH – Jelang pelaksanaan Sail Tidore 2022, Direktur Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi bersama rombongan menggelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Pertemuan yang berlangaung di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore, Jumat (30/9/2022) itu, untuk pembahasan terkait acara puncak Sail Tidore pada November mendatang serta meninjau lokasi perhelatan Sail Tidore.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Syamsuddin A Kadir mengatakan, pada prinsipnya panitia daerah baik Pemerintah Provinsi Maluku Utara bersama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sudah sangat mempersiapkan terkait dengan perhelatan Sail Tidore ini.

“Sebelumnya kami panitia Daerah masih belum bisa memastikan kegiatan Sail Tidore ini jadi atau tidak karena ada dua opsi yang belum dilaksanakan yakni pertemuan tingkat menteri dan launching Sail Tidore, namun pada 27 September kemarin telah dilaksanakan pertemuan tingkat menteri, sehingga kami mengharapkan agar Launching Sail Tidore ini segera dilakukan, agar apa yang masih menjadi kekurangan dilapangan dapat kami selesaikan dengan secepatnya,” Kata Syamsuddin.

Syamsuddin juga menambahkan, pertemuan ini sangat menentukan pada acara puncak Sail Tidore nanti, karena sukses atau tidak pelaksanaan Sail pada November mendatang tergantung persiapan yang dilakukan pada hari ini.

“Mudah-mudahan apa yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga kami panita daerah sangat berharap kepada panitia pusat dalam hal ini kemendagri agar terus bersama-sama dalam berkolaborasi untuk mensukseskan Sail Tidore ini,” harap syamsuddin.

Senada juga disampaikan, Direktur Bangda Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi mengatakan, pada rapat tingkat menteri kemarin ditetapkan pelaksanaan Sail Tidore dilaksanakan 24-29 november, sehingga Sail Tidore ini sudah dipastikan akan dilaksanakan pada November 2022.

“Kami dari kemendagri yang merupakan panitia puncak kegiatan Sail Tidore ini berharap agar sama-sama mendukung persiapan pelaksanaan Sail Tidore agar bagaimana mensukseskan Sail Tidore nanti,” kata Tegush.

Teguh Setiabudi juga mengatakan, setelah meninjau lokasi Sail akan dilaksanakan pertemuan juga dengan panitia acara puncak, sehingga persiapan acara puncak pelaksanaan Sail ini benar-benar riil dilaksanakan dengan baik agar pelaksanaan dari awal acara hingga selesainya Sail ini dapat berjalan dengan sukses.

“kami juga meminta dukungan baik dari provinsi Maluku utara maupun Pemerintah Kota Tidore agar sama-sama dengan kami untuk serius dalam persiapan menuju Sail Tidore, karena kami juga akan mempersiapkan IO acara puncak yang nantinya akan bersinergi dengan IO yang dipersiapkan panitia Daerah untuk sama-sama mensukseskan Sail Tidore di acara puncak,” tandasnya.

Sementara, Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintahan dan Kesra, Syofyan Saraha mengatakan, rapat tingkat menteri telah dilaksanakan (27/9) kemarin, sehingga telah disepakati pelaksanaan Sail Tidore ini bakal dilaksanakan pada 24-29 November 2022 mendatang.

“Selama ini kami telah menunggu kepastian Sail Tidore ini, karena panitia daerah tidak bisa mempersiapkan apapun dalam mendukung Sail Tidore, secepatnya dilakukan launching Sail Tidore agar kepastian Sail Tidore ini benar-benar akan dilaksanakan di November mendatang,” kata Syofyan.

Syofyan juga mengatakan, prinsipnya Pemerintah Kota Tidore maupun Pemerintah Provinsi sangat mempersiapkan pelaksanaan Sail Tidore ini.

Setelah melakukan pertemuan, Direktur Bangda Kemendagri bersama rombongan, Sekretaris Provionsi Maluku Utara dan tim Pemerintah Kota Tidore meninjau lokasi Sail Tidore. (Hms/Uca)

Show More
Back to top button