DKP Tikep Siap Salurkan 23 Unit Perahu Fiber 3 GT ke Nelayan

148
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkot Tikep, Hamid A. Latif

TIDORE, CH – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tidore kepulauan (Tikep) bakal menyalurkan 23 unit perahu fiber 3 GT ke para nelayan. Pemerintah setempat juga akan bangun pabrik es serta tempat penjualan ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkot Tikep, Hamid A. Latif mengatakan, bantuan ini dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 kurang lebih Rp. 9,4 miliar. Dana sebesar ini tidak hanya untuk perahun nelayan, melainkan ada juga colbox dan tali romping.

“Tahun ini untuk bodi (perahu) tuna 3GT sebanyak 23 unit, karena torang (Dinas Kelautan) dapat dana DAK ini Kurang lebih 9,4 milyar sekian, torang mau buat kapal 3 GT ini sebanyak 23 unit kemudian ada juga kolbox, ada juga tali romping,” sebutnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin,(32/12022).

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tikep ini juga menjelaskan, anggaran DAK sebesar Rp. 9,4 miliar ini juga akan di bangun bangunan fisik berupa pabrik es dan tempat penjualan ikan.

BACA JUGA  Pemkot Tikep Canangkan Pulau Maitara Bebas Pornografi Anak

Pabrik es dengan kapasitas dibawah 10 ton ini akan dibangun di Desa Maitara Tengah, dan satu unit lagi akan di TPI (tempat penjualan ikan) di Kelurahan Rum dengan anggaran kurang lebih Rp. 1,3 milyar. Kemudian pembuatan tempat tambatan perahu di Kelurahan Dowora, Maitara dan rehafitalisasi di Kelurahan Rum.

“Jadi penyaluran 23 unit bodi fiber 3 GT ini dia tidak terfokus tetapi torang lihat nelayan mana yang paling membutuhkan entah itu di empat kecamatan di daratan Oba maupun empat kecamatan di Pulau Tidore,” tukasnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here