Haji Robert Bantu Pengobatan Anak Asal Loloda Kepulauan di Jakarta

Dokter Saat Memeriksa Anak Yang Dibantu PT. NHM

TOBELO, CH- Seorang anak berusia 9 tahun, asal Loloda Kepuluan, KabupatenHalmahera Utara menderita Myelodysplastic Syndromes atau tidak mampunyai sum-sum tulang belakang memproduksi sel-sel darah. Hal ini menarik perhatian Presiden Direktur PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM), Haji Robert Nitiyudo Wachjo untuk membantu.

Tim Haji Robert Peduli Kesehatan Masyarakat (HRP KesMas) yang bekerja di lingkar tambang PT.NHM segera bergerak dengan mendatangani keluarga adik kecil ini dan melakukan pengecekan administrasi serta pengecekan Kesehatan awal. Kemudian dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta.

Saat tiba di Jakarta, dokter asal Halmahera Utara, dr. Olivia N. Loei langsung melakukan penanganan pertama kepada pasien yang didampingi keluarganya. Informasi yang dihimpun oleh tim HRP KesMas menyebutkan bahwa pasien sering muntah darah, perut membesar dan sering merasakan sesak napas dan lemas. Karena kemurahan hati dan ketulusan Haji Robert, pasien dapat menjalani penanganan yang intensif.

Pasien dan keluarga sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Haji Robert Nitiyudo Wachjo yang selalu membantu masyarakat lingkar tambang dan Maluku Utara melalui program HRP-Kesehatan. Namun, atas permintaan orang tuanya, anak tersebut akhirnya sudah kembali ke Halmahera Utara dan dirawat di rumah sendiri.

Diketahui sejak mengambil alih saham mayoritas PT.NHM pada awal 2020, Haji Robert menginisiasi sejumlah program untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Program Kesehatan Masyarakat adalah salah satunya dimana Tim HRP KesMas membantu masyarakat lingkar tambang yang sakit parah dan tidak mempunyai akses pelayanan kesehatan, lalu kemudian dirujuk ke Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Halmahera Utara, atau di Kota Ternate.

Bahkan ada yang harus dibawa ke Rumah Sakit di Kota Manado dan Jakarta karena penyakitnya yang memerlukan penanganan khusus. Namun dalam perjalanannya begitu banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan Kesehatan ini, sehingga Tim HRP KesMas juga membantu mereka yang berasal dari wilayah lain di Kabupaten Halmahera Utara, bahkan Provinsi Maluku Utara.

Perlu diketahui, PT. NHM adalah perusahaan tambang emas di bawah perjanjian Kontrak Karya yang ditandatangani tanggal 28 April 1997 dengan Pemerintah Republik Indonesia. PT NHM mengoperasikan Tambang Emas Gosowong yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Sebanyak 75% saham PT.NHM dimiliki oleh PT Indotan Halmahera Bangkit dan
25% sisanya dimiliki oleh PT Aneka Tambang Tbk. (Antam). (Cr-87)

Show More
Back to top button