Ini Hasil Musrembang Desa Geltoli dan Gamesan

213
Musrembang Desa Geltoli

HALTIM, CH – Pemerintah Desa Geltoli dan Gamesan di Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) selesai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa 2022. Hasilnya, tidak semua program ikut diakomodir.

Kepala Desa Geltoli, Herasmus Tatengkeng mengatakan, di dalam Musrenbang ini diusulkan kembali program yang belum selesai dikerjakan pada 2021 dan program 2022 yang dianggap sangat proritas di dalam desa, sesuai dengan pagu anggaran.

Sebab menurutnya, pagu Dana Desa (DD) di 2022 ini menurun jadi Rp. 755 juta sekian dari Rp. 932 juta sekian di tahun sebelumnya.  Dalam Musrembang ini di bagi tiga komisi yakni komisi pembangunan, pemberdayaan dan  Pemberdayaan Masyarakat. Hasilnya 45 program yang disahkan dari 48 program yang di usulkan.

Musrembang Desa Gamesan

Sedangkan untuk Desa Gamesan kata Kepala Desa, Eddy Nikiyuluw, pagu DD  2022 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) di plot sebesar 40 persen. Untuk itu program yang diusulkan sesuai dengan jumlah DD sebesar Rp. 60 persen.

“Untuk DD di tahun 2022 ini turun, dari Rp. 825 juta lebih menjadi Rp.722 juta lebih,”kata Eddy.

BACA JUGA  Pemdes Wayamli Resmi Salurkan BLT Tahap Tiga

Dalam kesempatan itu, Eddy berharap kepada masyarakat agar tidak lupa untuk membayar pajak, sebab pajak tersebut akan membantu pembangunan dalam desa melalui Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Musrenbang di dua desa ini berjalan aman dan lancar. Kegiatan yang berlangsung di masing-masing kantor desa, Sabtu (5/2/2022) ini ikut dihadiri oleh ketua dusun, RT, RW, pemuda, toko masyarakat, agama, BPD, Ketua kelompok tani dan masyarakat lainya.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here