Pemdes Buli Asal Gelar Musdes Program 2021

280

Peserta Musdes Program 2021 di Kantor Desa Buli Asal (Foto: Nehemia CH)


BULI,CH- Pemerintah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Buli Asal Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur ( Haltim) menggelar Musawara Desa (Musdes) tentang usulan program 2021 di Kantor Desa, Selasa (29/9/2020)

Kepala Desa Buli Asal Alte Veblun mengharapkan kepada peserta yang hadir dalam Musdes agar saran dan masukan dalam program tahun 2021 ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Program yang diusulkan, akan dibahas dan diutaman program prioritas. “Ada juga program 2020 yang tertunda dan akan diakomodir pada 2021 yaitu satu unit mesin Foto Copy dan pengadaan ternak sapi,” sebut Alte.

Lanjut Alte, program yang diusulkan ini akan dibiayai melalui anggaran Dana Desa (DD). Program yang diusulkan ini juga akan disesuaikan dengan pagu anggaran. “Kepada masing-masing perwakilan yang hadir apabiala kedepan ada usulan yang belum diakomudir di tahun 2021, maka usulan tersebut belum diproritas, tetapi usulan tersebut tidak akan hilang dan akan diprogramkan pada tahun 2022,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemdes Dan WVI Salurkan Masker Dan Buku Baca Ke SD N Gamesan

Sekertaris Camat Maba, Fahmianthy MG Marsaoly, mengatakan ada tiga bidang yang di bahas pada musdes kali ini. Diantaranya, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Dana Desa dan Bidang Pemberdayaan.

“Kepada Pemerintah Desa agar bidang pemberdayaan anggaranya lebih besar dari bidang pembangunan, sebab pemberdayaan adalah program berkelanjutan dan sangat menyentuh langsung kepada masyarat, ketimbang pembangunan,” harapnya.

Sekcam juga mengingatkan bahwa, Pada tahun 2021 Ada peraturan Kemenrmtrian desa tentang penggunaan Dana Desa (DD) di tengah-tengah Covid-19 ini, untuk itu Ada 3 aitem dalam

Disebutkan, ada Peraturan Kementrian Desa yang harus dianggarkan pada tahun 2021 sala satunya yakni, desa aman Covid-19. Untuk itu tim Covid-19 yang sudah dibentuk agar difungsikan kembali dan juga program stanting yang harus di proritaskan dalam program desa.

“Soal Bumdes yang sudah ada diaktifkan, kalau belum segera dibentuk, karena ada anggaran-anggaran yang harus dikelolah oleh Bumdes,” pintanya.

Sementara itu, Bahbinkamtibmas Desa Buli Asal, Bripka Sukardi Teapon berharap Musdes kali ini bisa berjalan aman. Sebab dalam Musdes selalu ada perdebatan. “Diharapkan agar usulan tersebut betul-betul berdampak pada masyarakat, dan juga selalu mematuhi Protokol Kesehatan dalam mencega Covid-19,” harapnya. (Red)

BACA JUGA  172 KK Di Desa Gotowasi Resmi Terima BLT

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here