Mahasiswa STKIP Kie Raha Sukses Gelar KKL Di Desa Dowora

623

Mahasiswa STKIP Saat Gelar KKL di Desa Dowora

TERNATE, CH – Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate, Maluku Utara sukses melaksanakan Kuliah Kerja lapangan (KKL) di Desa Dowora Kecamatan Gane Barat Selatan Kabupaten Halmahera Selatan.

Dosen prodi Pendidikan Geografi Irwan Abdullah, M.Pd, menjelaskan bahwa KKL yang dilakukan merupakan program akademik yang dilakukan di lapangan untuk mempelajari dan memahami aspek-aspek geografi secara langsung, sebagai bagian integral dari perkuliahan yang dilakukan di dalam kelas.

“Tujuan KKL sendiri untuk membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan dan kemampuan analisis dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar,” jelasnya.

KKL dilaksanakan selama enam hari, mulai dari tanggal 20-25 Januari 2022, adapun kegiatan yang dilaksanakan dilokasi KKL yaitu praktikum geografi pesisir, pengabdian kepada masyarakat, dan bakti sosial.

Lanjut Irwan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan kegiatan sosialisasi dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Syahril Lukman, M.Pd dan Irwan Abdullah, M.Pd. dengan tema yang berbeda, dimana
Dr. Syahril Lukman, M.Pd yang juga sebagai Ketua Prodi Pendidikan Geografi membahas “Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi”,sedangkan saya sendiri membahas “Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Sumber Kehidupan Masyarakat”

BACA JUGA  Silaturahmi Dengan Kwatak, Ini Harapan Kabag Prokompim Tikep

Tema yang diangkat oleh Dr. Syahril Lukman, M.Pd dikarenakan lokasi KKL Desa Dowora merupakan daerah rawan bencana alam Gempa bumi, tujuannya untuk mengedukasi masyarakat, agar masyarakat mendapatkan pemahaman terkait Pengurangan risiko bencana alam gempa bumi,

“Sedangkan tema yang saya bawa mengingat Desa Dowora sulit mendaptkan sumber air tanah, sehingga masyarakat Desa Dowora selama ini hanya mengandalkan air hujan sebagai sumber kehidupan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat sehari-hari seperti minum, mandi, cuci, kakus, dan sebagainya,” beber Irwan.

Tak hanya itu Kepala Desa Dowora, Eli Saleh, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh civitas akademika STKIP Kie Raha Ternate khususnya Program Studi Pendidikan Geografi yang telah memilih Desa Dowora sebagai lokasi KKL.

“Kegiatan KKL yang dilaksanakan oleh mahasiswa universitas STKIP kie Raha khususnya prodi pendidikan Geografi sangat bersentuhan dengan kebutuhan dan persoalan yang ada di Desa Dowora,” kata Eli.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here