Mulai 9 Juni, Pelabuhan Ferry Galala Ditutup Sementara

430

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad (Foto: Musa CH)


TIDORE, CH – Pelabuhan kapal Ferry Galala (Sofifi) di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara akan ditutup sementara. Penutupan ini akan dilakukan untuk perbaikan atau renovasi.

Rencananya penutupan ini akan dimulai pada 9 Juni 2021. Dengan demikian, akses penyeberangan laut dengan Kapal Ferry dari Galala menuju Ternate akan dialihkan sementara melalui Pelabuhan Ferry Sidangoli dan Pelabuhan Ferry Gita.

Hal ini telah disepakati melalui rapat yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan bersama Balai Perhubungan Darat, ASDP dan pihak KSOP.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad mengatakan, pekerjaan pelabuhan Ferry Galala itu khusus pada rehabilitasi Trestle Pelabuhan.

Anggaran pekerjaan proyek itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai sebesar Rp. 1,8 miliar.

“Hasil rapat tadi disepakati pelabuhan ditutup pada 9 Juni 2021,” kata Daud Muhammad, Kamis (3/6/2021).

Diperkirakan pekerjaan itu akan memakan waktu 3 bulan. Pelabuhan itu akan kembali difungsikan pada Oktober nanti untuk menyambut STQ tingkat nasional di Sofifi.

BACA JUGA  Anak Seorang Buruh Pelabuhan Lulus Anggota TNI

Selain itu lanjut Daud, dalam rapat itu juga dibahas tentang pelabuhan Darko di Sofifi. Dari hasil survei, direncanakan akan dibuat plengsengan sementara. Karena darurat, pelabuhan itu dibuat menggunakan batang kelapa.

Namun, dengan kekuatan random dan mobil, menurut teknisi plengsengan yang dibuatkan untuk sementara itu kecil harapannya kalau terjadi pemuatan.

“Jadi diminta pihak swasta yang punya satu kapal yang randomnya turun dari samping. Kami harap kapal yang randomnya turun dari samping itu bisa melayani kebutuhan di Sofifi,” ujarnya. (Red)

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here