Pelatihan Calon PNS Golongan II Dan III Pemkot Tikep Resmi Dilaksnakan

84

Sekda Kota Tikep, Ismail Dukolamo

TIDORE, CH – Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III di Lingkungan Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021, resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah, Ismail Dukomalamo, Rabu (28/7/2021).

Ismail Dukomalamo dalam sambutnya mengatakan, pelatihan ini jangan dimaknai sebagai suatu proses yang prosedural, yakni perubahan status dari calon pegawai menjadi pegawai. Tetapi harus dimaknai sebagai suatu proses perubahan cara berfikir dan cara bertindak.

Lebih lanjut Ismail mengharapkan kehadiran Calon PNS muda di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan secara umum dan secara khusus,

“Saudara harus memiliki kemampuan beradaptasi, siap ditempatkan dimana saja, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai dengan kemampuan masing -masing,” kata Ismail, dalam acara yang berlangsung di Aula LPMP Maluku Utara Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara.

Beliau juga menegaskan kepada peserta agar mengikuti semua kurikulum Pelatihan Dasar Calon PNS sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

BACA JUGA  Kepala Telkom Minta Warga Tidore Utara Bersabar

“Sehingga tujuan pelaksaaan latihan dasar calon pegawai dapat tercapai sesuai harapan kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku Utara M. Miftah Baay dalam sambutannya mengatakan pelatihan dasar ini tujuannya untuk pembentukan karakter teman-teman peserta CPNS yang beberapa bulan lagi akan menjadi PNS penuh.

“Karena karakter dan kebiasaan ini menjadi hal yang tidak mudah untuk diubah maka saya hanya minta kepada teman-teman peserta agar jangan membiasakan yang biasa karena belum tentu itu benar, tapi terbiasalah dengan yang benar supaya biasa,” tuturnya.

Kepala BKPSDM Tikep melalui Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur, Abubakar Tuanan dalam laporannya mengatakan Pelatihan Dasar CPNS ini digelar atas kerjasama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan BPSDM Malut, dengan total peserta 68 orang.

Jumlah peserta ini teridiri dari
tenaga guru 32 orang, kesehatan 14 orang, teknis Lainnya 16 orang, dan tambahan peserta dari KPU Malut 6 orang.

“Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli hingga 3 September. Jika ada peserta yang positif maka belajar dari rumah melalui aplikasi zoom meeting,” kata Abubakar dalam laporanya.

BACA JUGA  RSUD Kota Tidore Terakreditasi C

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here