Pemkot Tikep Kejar Target Vaksinasi Tahap Dua

158
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tikep, Abd. Majid Do M. Nur

TIDORE, CH – Upaya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) untuk menyukseskan program vaksinasi terus dilakukan. Kali ini  target vaksinasi yang dikejar adalah tahap dua, setelah tahap satu dinyatakan telah mencapai target.

“Alhamdulillah  posisi terkait cakupan vaksinasi di Kota Tidore maupun secara besarnya di Maluku Utara yang bisa torang (kita semua) pantau dari rilisan terakhir per 31 Desember di posisi 70 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tikep, Abd. Majid Do M. Nur saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (4/1/2022).

Disebutkan, hasil rilisan untuk Provinsi Maluku Utara pada tanggal 31 Desember 2021 mencapai 70,07 persen, sementara Kota Tikep telah memenuhi angka tersebut dengan angka pencapaian 70,19 persen.

Lanjutnya, angka 70 persen ini merupakan angka vaksin untuk kategori vaksin tahap pertama dimana vaksin untuk tahap kedua masih di angka 50 persen. Untuk itu pihaknya akan mengejar tahap dua, karena vaksin tahap dua masih rendah rata-rata di bawah 50 persen.

“Untuk Kota Tidore berdasarkan juknis yang ada yang kami tau diharapkan pemerintah kepada seluruh kabupaten kota masuk di 2022 minimal kita mencapai angka 80 persen dimana 80 persen ini melindungi 20 persen, dimana 20 persen ini terdiri dari lansia dan bayi balita,” ujarnya.

BACA JUGA  Petani Tikep Dapat Bantuan Kendaraan Di Bulan Kelahiran Walikota Dan Kadis Pertanian

Selain itu, di 2022 ini penerapan vaksinasi  tidak hanya  berlaku pada anak remaja berusia 12 tahun. Melainkan anak yang berusia 6 tahun ke atas juga akan di lakukan vaksin. Abd. Majid menghimbau kepada orang tua untuk tidak perlu merasa khawatir karena vaksin yang digunakan aman dan halal.

“Metode yang digunakkan adalah tenaga kesehatan kami akan melakukan silaturahmi ke rumah rumah, jadi setiap ada momen apa saja yang berbeda di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, misalnya posyandu dan pertemuan dasa wisma saya sudah meminta kepada seluruh tenaga kesehatan gunakan momen itu untuk melakukan sosialisasi,”jelasnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here