Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Yang Disampaikan Walikota Tidore

H. Ali Ibrahim Saat Bacakan Sambutan Pada Upacara Hari Lahir Pancasila

TIDORE, CH – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ikut memperingati hari lahirnya Pancasila dengan menggelar upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Tidore, Kamis (1/6/2023).

Dalam amanatnya, Walikota Tidore Kepulauan mengatakan, Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan Nasional. Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” tutur Ali Ibrahim, yang ikut memimpin upacara tersebut.

Lebih lanjut, kata Ali diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik yang demokratis, budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila tahun 2023, kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bersama,” tutur Ali Ibrahim.

Bertindak selaku Pembaca Teks Undang-Undang Dasar 1945, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan; Abdurrahman Arsyad, Pembaca Doa, Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf; H. Anwar Jumati, Perwira Upacara, Letnan Dua; Inf. Fardi Ruslan, Komandan Upacara, Inspektur Polisi Satu; Sofyan Torid, Pembawa Acara dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Pengibar bendera dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan, Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Kota Tidore Kepulauan, Korsik dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Mareku. Sementara kesatuan upacara terdiri dari; TNI/Polri, Bapas Kelas II Tidore, Rutan Kelas II B Soasio, KUPP Soasio, Satpol PP, KORPRI, Pramuka dan Siswa. (Uca)

Show More
Back to top button