Sampah di Guraping Menumpuk, Pemkot dan Pemprov Hanya Sebatas Janji

75
Kondisi Sampah di Kelurahan Guraping

TIDORE, CH – Tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah (TPA) sementara di jalan lingkar Talaga Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara telah meresahkan warga. Pasalnya, sampah tersebut dibiarkan berserakan hingga mengeluarkan bauh menyengat.

Sampah yang berserakan ke badan jalan, hingga ikut mengganggu para pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat itu dibirkan begitu saja oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan maupun Pemerintah Propinsi Maluku Utara.

Menanggapi soal sampah ini, Fahrizal Amirudin Do Muhammad, anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, kepada media ini mengungkapkan, bahwa pemerintah Kota Tidore dan Provinsi hanya berjanji terkait persoalan sampah yang ada  di Kelurahan Guraping ini.

“Pemkot dan pemprov janji hanya tingal janji.  Persoalan sampa di TPS Guraping belum usai Pemkot dan Pemprov harus bertanggung jawab,” tegas Fahrizal baru-baru ini.

Fahrizal menuturkan, Pemkot Tidore berjanji bahwa pengunan TPS Guraping bersifat sementra hanya 3 bulan sejak Oktober 2020. Namun nyatanya, hingga memasuki akhir 2021, janji itu belum juga dipenuhi.

Sementara Pemrov Maluku Utara berjanji akan secepatnya membangun TPA regional di Tabadami, namun belum juga terealisi.

BACA JUGA  Anggaran TPP ASN Tikep Tetap 75 M

“Bahkan Pemprov berjanji kalau TPA Tabadamai akan secepatnya digunakan sebelum ada acara STQ  Nasional,”bebernya.

Masalah sampah ini kata Fahrizal, tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tikep dan Pemprov. Pihak DPRD juga sudah melakukan koordinasi dengan DLH Halmahera Barat. Menurut Fahrizal, sebelumnya sampah berserakan di Pasar Galala dan sekitar jalan empat puluh. Kemudian Pemerintah Kota Tikep berinisiatif untuk penanganan sampah bersifat sementara di belakang Kelurahan Guraping.

“Tapi anehnya sampai saat ini Pemkot Tikep berjanji untuk berkordinasi dengan DLH Pemprov untuk secepatnya melakukan penanganan sampah yang akan dibuang di TPA regional belum di lakukan.

Pemerintah provinsi juga harus bertanggung jawab karena kemarin di kegiatan STQ sampah banyak dibuang  di belakang Guraping,” ujarnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here