Tingkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi, Ini Ajakan Kadis Pendidikan Untuk Guru di Tidore

140
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Zainuddin Umasangadji

TIDORE, CH – Terganggunya proses pembelajaran akibat wabah pandemic Covid-19 ikut menyebabkan terjadinya penurunan kualitas  mutu pendidikan  baik dalam aspek kognitif, afektif dan konatif.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berupaya agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif sekalipun di tengah pandemi covid 19. Proses kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan dan peserta didik jangan kehilangan haknya dalam belajar.

“Karana kondisi covid kemarin banyak yang belajar secara daring kemudian tugas tugas yang diberikan tidak terlalu efektif kepada siswa dengan target kurikulum karena  menyesuaikan dengan pandemi,”kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Zainuddin Umasangadji  saat di konfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Zainuddin juga mengungkapkan bahwa di masa pandemi ini mutu pendidikan di kota Tidore Kepulauan cenderung sedikit menurun. Karena karakter pembelajaran anak anak lebih baik  belajar secara tatap muka agar mendapat dorongan menyerap materi dari guru.

Zainuddin juga menambahkan untuk ketersediaan sarana prasarana pendukung pendidikan di Kota Tidore Kepulauan semuanya sudah terpenuhi, baik berupa perpustakaan untuk SD dan SMP.

BACA JUGA  Dianggap Tidak Konsisten, Guntur Dikecam Pemuda Tambula

“Semua sudah terpenuhi, dan untuk buku sendiri sudah datur dalam dana bos, tinggal masing masing sekolah bisa memberikan porsi-porsi untuk pembelajaran, dan diwajibkan satu siswa satu buku,” jelasnya.

Tak hanya itu, Zainuddin akan terus berupaya untuk memacu SDM guru dengan memberikan semangat dan motivasi kepada mereka untuk bisa berinovasi dan punya kreatifitas  agar bisa  menyajikan model pembelajaran yang disukai oleh siswa. Zainuddin juga berharap kepada seluruh guru agar terus meningkatkan mutu pendidikan yang ada Kota Tidore kepulauan.

“Tren pandemi yang melanda ini torang bisa kembali bekerja dari sisi tenaga guru barangkali bisa  menyeimbangkan dirinya bisa menyesuaikan dengan kondisi, bisa berkompetisi dalam darah terutama di masa pandemi ini guru di tuntut untuk bisa  berkreatif, berkreasi untuk bisa  berinovasi dalam hal menyampaikan atau menyajikan materi pelajaran dengan jaman yang sudah serba mengunakan aiti  sehingga guru juga bisa berpacu bisa menyeimbangkan diri untuk tugas,”harapnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here