Uji Coba Perdana KMP Kerapu Dan KMP Ngafi Di Gita Dan Loloda Berjalan Sukses

1220

Antusias Warga Menyambut Kedatangan KMP Kerapu di Pelabuhan Gita, Sabtu 4/1/2020, (Foto: Nehe CH)


TERNATE, CH- Uji coba lintas dan sandar kapal Ferry di pelabuhan Gita Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan dan di Pelabuhan Loloda Kepulauan, Sabtu (4/1/2020) berjalan sukses. Kehadiran kapal Ferry itu  disambut baik oleh warga setempat.

Pelayaran perdana oleh KMP Kerapu rute Bastiong Ternate – Gita, pada Sabtu akhir pekan kemarin, bertolah dari Pelabuhan Bastiong pukul 08:00 dan tibah di pelabuhan Gita Oba pukul 12:00 Wit, atau perjalanan memakan waktu selama 4 jam. Dalam uji coba perdana tersebut di kawali langsung oleh Marsadik, selaku Manager Usaha ASDP Indonesia (Persero) Cabang Kota Ternate dan Yanuar salah, tim Balai Pengelola Transportasi Darat.

Marsadik mengatakan, setelah tiba di Pelabuhan Gita Kecamatan Oba disambut gembira oleh warga Desa Gita. Menurut Marsadik, warga meminta agar rute Bastiong-Gita ditambah seminggu 3 kali.
“Sebab kalau lewat Sofifi menuju Weda itu sangat jauh dan banyak resiko, kalau lewat Gita ke Weda sangat dekat,” kata warga dihadapan Marsadik.

BACA JUGA  Maluku Utara, 1 Orang Positif Virus Corona

Selain Rute Bastiong -Gita, warga juga memintah agar membuka rute Gita – Tidore, dengan alasan banyak pegawai dan pengusaha yang pengurusanya lebih banyak ke Tidore ketimbang Ternate. “Permintaan warga untuk penambahan rute ini akan kami melakukan pengajuan ke Kementrian Perhubungan agar bisa menambahkan atau meningkatkan lintasan pelayaran ke Gita,” tukasnya.

Antusias Warga Menyambut KMP Ngafi di Pelabuhan Loloda Kepulauan

Pelayaran perdana KMP Kerapy rute Bastiong – Gita ini mengangkut 46 penumpang, 12 kendaraan roda dua, dan 1 unit mobil dinas yang di gunakan Marsidik. adapun tarif rute Bastiong – Gita yakni, ekonomi dewasa Rp. 57,500, ekonomi anak-anak Rp. 38,500, Kendaraan Gol I, Rp.58,000, Gol II, Rp. 81,500, Gol III Rp. 179,000, dan lain sebagainya. “Pengguna jasa terutama mobil agar mengecek di loket atau agen terdekat,”pintanya.

Sementara di hari yang sama, pelayaran uji coba perdana juga di lakukan di ruteTobelo – Loloda Kepulauan. Pelayaran perdana ini disambut warga Loloda Kepulauan dengan antusias menyambut kedatangan Ferry KMP Ngafi.

Yanuar, sala satu tim BPTD Provinsi Maluku Utara (Malut), menghimbau kepada operator agar selalu menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang sehingga pelayaran bisa dilakukan secara rutin. Dia juga berharap, dengan pembukaan rute baru tersebut didukung Pemerintah Provinsi Malut, Pemerintah Kota Tidore dengan membangun fasilitas pendukung pelabuhan Gita. “Sebab keberadaan fasilitas yang memadai memudahkan aktivitas bongkar muat kapal Ferry,”harapnya.
(Red)

BACA JUGA  Puluhan Sekdes Dari Haltim Ikut Pembekalan Siskeudes Di Ternate

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here