Upacara Harlah Pancasila 2024 di Kota Tidore Kepulauan Sukses Dihelat di Lapangan SPN Polda Malut

Pemimpin Upacara Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko

TIDORE, CH – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sukses dihelat di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Utara Kelurahan Gurabati Kota Tidore Kepulauan Sabtu (1/6/2024). Bertindak selaku Inspektur, upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara, Irjen. Pol Midi Siswoko.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 kali ini dilaksanakan di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN)  Polda Maluku Utara, karena di kesempatan yang sama juga dirangkaikan dengan acara peresmian Sekolah Polisi Negara (SPN) oleh Kapolda Maluku Utara.

Membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 kali ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dari segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ungkap Midi.

Midi menambahkan, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media, harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten dan narasi positif, yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” imbuhnya.

Mengakhiri amanat Kepala BPIP RI, Jenderal bintang dua tersebut mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, serta harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. (Uca)

Show More
Back to top button