Warga Desa Teru-Teru Temukan Bom, Diduga Dari Perang Dunia Ke-II

278

Bom Yang Ditemukan Renol Tohole. (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Sebuah bom jenis mortir ditemukan warga Desa Teru Teru Kecamatan Loloda Utara Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Bom tersebut diduga peninggalan perang Dunia ke II.

Bom itu ditemuka Renol Tohole, warga di desa setempat sekitar 50 meter dari belakang pemukiman rumah warga sejak, Minggu (16/8/2020) pekan lalu.

Atas temuan Bom tersebut Renol langsung melaporkan ke salah satu anggota polisi Briptu Petrick Garo agar Bom dapat diamankan.

Danki Kompi 1 Batalyon A Pelopor AKP Mahrus Munir S.Hi saat di konfirmasi awak media mengatakan, sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan bahan peledak baik jenis rakitan maupun bom jenis lainnya harus tetap diamankan.

“Kami Kompi 1 Yon A  Pelopor menindak lanjuti dan amankan tempat penemuan bahan peledak/bom tersebut,” kata Mahrus Munir, Rabu (19/08/2020).

Mahrus juga menghimbau agar warga tetap menjauh dan tidak ada kegiatan di seputaran lokasi penemuan bom. Pihaknya juga telah koordinasikan ke satuan wilayah (Satwil) dalam hal ini Polsek/Polres wilayah Halmahera Utara guna penanganan selanjutnya.

BACA JUGA  Jembatan Katana Akan Segara Dibangun, Butuh Anggaran 6 Miliar

”Kepada warga sekitar lokasi temuan maupun wilayah desa lainya dihimbau agar tidak mendekat sambil menunggu tim jihandak dari Brimob untuk melakukan evakuasi bom tersebut.” ujarnya.

Sekedar diketahui bom peninggalan perang dunia ke II ini diduga masih aktif dan diketahui jenis mortir. Selain itu belum diketahui asal negara maupun tahun pembuatan lantaran badan bom telah berkarat. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here