10 Kelurahan di Kota Tidore Rawan Narkoba

131

 

Konferensi Pers di ruang rapat Kantor BNN

TIDORE, CH – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tidore Kepulauan menyebutkan, terdapat 10 kelurahan di Kota Tidore Kepulauan masuk dalam daftar kawasan narkoba.

Sebelumnya dari hasil rehabilitasi, Kota Tidore Kepulauan di 2022 hanya terdapat tiga kelurahan yang rawan narkoba, yakni Kelurahan Tuguwaji, Tomagoba, dan Rum Balibunga.

Sementara 10 kelurahan yang akan disulkan masuk dalam daftar rawan Narkoba di 2023 ini diantaranya, Keluraha Indonesiana, Tomagoba, Tuguwaji, Goto, Cobodoe, Rum, dan Tongwai. Sedangkan di daratan Oba seperti, Kelurahan Payahe, Loleo, dan Balbar.

“Untuk menentukan kawasan rawan ini, ada beberapa kriteria dan 8 indikator pokok dan 5 indikator pendukung, yang salah satunya adalah kasus, tindakan kriminal, dan beberapa indikator yang masuk dalam pokok dan penunjang,” ungkap Nursyia dalam konferensi pers di ruang rapat kantor BNN, Sabtu (31/2022).

Nursyai, ada penetapan kelurahan bersinar berdasarkan kawasan rawan dan kriteria lainnya, yang keputusannya berada di Wali Kota. Tetapi hanya, dua yang masuk kawasan rawan bersinar di tahun 2023.

BACA JUGA  Dinyatakan Sembuh Pasien Asal Tikep Dipulangkan

Nursyia menjelaskan bahwa kawasan rawan yang di tetapkan dilihat dari indikator pokoknyan dan indikator pendukung. Untuk Indikator pokoknya yakni kasus kejahatan Narkotika, angka kriminal atau kekerasan, bandar narkotika, produksi narkoba, pengguna narkotika, barang bukti, pintu masuk, dan lewat kurir.

“Sedangkan indikator pendukunnya yaitu, ada banyak lokasi hiburan, tempat kos atau hunian dan privasi tinggi, tingginya angka kemiskinan, ketiadaan sarana publik,dan rendahnya literasi sosial masyarakat,” sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan sesuai penetapan kategorinya, terdapat empat kategori yaitu, aman, siaga, waspada, dan bahaya. Kategori aman masuk pada 1 indikator pendukung dengan upaya melakukan PSM dan pencegahan. Siaga masuk pada 1-2 indikator pokok dan 2 indikator pendukung.

“Semenbtara Waspada masuk pada 3-4 indikator pokok dan 3 indikator pendukung, dan Bahaya masuk 5-8 indikator pokok dan 4-5 indikator pendukung,” jelasnya.

Sedangkan Kelurahan yang masuk kawasan narkoba dengan status waspada di 2022 yaitu, Kelurahan Tuguwaji dan Tomagoba.

Menurutnya, pada 2023 mendatang kelurahan yang mempunyai status waspada seperti, Kelurahan Goto, Indonesiana, Tuguwaji, dan Rum. Sementara pada status siaga terdapat enam kelurahan yaitu, Kelurahan Tomagoba, Cobodoe, Tongwai, Payahe, Aketobololo, dan Balbar.

BACA JUGA  Kapal Tongkang Karam Di Pulau Tidore, Warga Desak Pemkot Ambil Sikap

“Ada penetapan kelurahan bersinar berdasarkan kawasan rawan dan kriteria lainnya, yang keputusannya berada di Wali Kota. Tetapi hanya, dua yang masuk kawasan rawan bersinar di tahun 2023,” ujarnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here