Acara Munara Idadari Kelurahan Gurabunga Resmi Ditutup

80

Hj. Rahmawati Muhammad

TIDORE, CH – Juara bukanlah menjadi sebuah ukuran, namun yang terpenting adalah jalinan silaturahmi. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua I TP-PKK Kota Tidore Kepulauan, Hj. Rahmawati Muhammad, saat memberikan sambutan sekaligus menutup secara tersebut secara resmi, Sabtu (22/10/2022) malam.

Dalam sambutannya, anggota DPRD Provinsi Maluku Utara ini juga berpesan agar jadikan perayaan Munara Idadari sebagai sebuah intropeksi untuk memperbaiki Gurabunga kedepannya, agar tetap menjadi sebuah kelurahan yang indah dan asri, serta masih memegang teguh adat soa ramtoha tomayou sebagai pegangan hidup.

“Semoga Kelurahan Gurabunga selalu menjadi kelurahan yang bersahaja dan menjadi tempat pulang yang selalu dirindukan oleh para wisatawan, berbagai kegiatan yang digelar dalam munara idadari ini, menjadi wadah silaturahmi antar sesama, baik masyarakat Kelurahan Gurabunga, maupun orang Gurabunga yang telah berdomisili keluar,”tutur Rahmawati.

Lebih lanjut, Rahmawati mengatakan, Kelurahan Gurabunga pernah meraih juara tingkat nasional untuk kategori hatinya PKK, dari 10 Kelurahan terbersih. Tentunya hal ini penting untuk dijaga, apalagi menjelang Sail Tidore 2022, dipastikan banyak wisatawan akan berkunjung ke Gurabunga.

BACA JUGA  113 Anak Usia 6-11 Tahun di Tidore Sudah Divaksin

“Olehnya itu, di kesempatan ini pula, saya mengajak kita semua, mengingat Sail Tidore 2022 sudah di depan mata, mari bersama-sama kita mempersiapkan diri menyambut dan memeriahkan Sail Tidore 2022 pada tanggal 24 November nanti, agar hajatan bersama seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan dapat berjalan aman, lancar dan sukses,”Imbuh Rahmawati.

Sementara itu, Ketua Umum Sanggar Seni Rau Gabi, Ridwan Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan Idadari ma Munara ini merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian acara yang ada di Kelurahan Gurabunga. Kegiatan ini bukan hanya digelar kali ini saja, akan tetapi kegiatan ini akan menjadi agenda rutin sanggar, IPMG dan seluruh masyarakat Kelurahan Gurabunga kedepannya.

“Selain event Idadari ma Munara, kami berkomitmen untuk melaksanakan sebuah kegiatan yang luar biasa, yaitu kegiatan yang memegang teguh adat dan tradisi soa ramtoha tomayou, kami akan melaksanakan festival soa ramtoha tomayou, untuk itu kami meminta dukungan penuh dari Ibu Ketua I TP-PKK dan seluruh masyarakat Kelurahan Gurabunga, untuk sama-sama menyukseskan kegiatan ini kedepan,” Tutur Ridwan.

BACA JUGA  Cegah Stunting, BKKBN ¬†Gelar Sosialisasi di Tikep

Ridwan menambahkan, Pemuda Kelurahan Gurabunga juga berkomitmen untuk melakukan satu kegiatan riset dengan menggandeng Dosen Universitas Indonesia untuk menulis sejarah kawasan soa ramtoha tomayou, ini menjadi rencana kegiatan yang akan dicanangkan kedepan.

Event Idadari ma Munara ini ditutup dengan pembacaan sejarah singkat Kelurahan Gurabunga dan prosesi Pemotongan Bira Dada atau tumpeng oleh Ketua I TP-PKK, sebagai tanda perayaan Hari Ulang Tahun ke 57 Kelurahan Gurabunga, Hari Ulang Tahun ke 12 Sanggar Seni Rau Gabi, dan Hari Ulang Tahun ke 14 Ikatan Pelajar Mahasiswa Gurua. (Hms/Uca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here