Banjir Landa Dua Desa Di Maba Tengah

Bangunan Ssekolah Yang Terendam Bajir

 

HALTIM, CH- Dua desa di Kecamatan Maba Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara di landa banjir, akibat hujan deras yang membuat sungai di sekitar desa ikut meluap.

Informasi yang dihimpun media ini, banjir terjadi pada pukul 10.00 WIT, Sabtu (14/1/2024), di Desa Maratana Jaya dan Desa Dorolamo Kecamatan Maba Tengah.

Tidak ada korban jiwa saat banjir. Hanya saja, tempat ibadah, sekolah maupun fasilitas umum lainya beserta  puluhan rumah penduduk ikut tergenang air banjir sekitar 15-20 cm.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Timur, Darso Gajal menyebutkan, total rumah yang terendam banjir di Desa Maratana Jaya sebanyak 45 rumah. Sementara di Desa Dorolamo 30 rumah.

“Banjir yang terjadi di dua desa Maratana dan Dorolamo ini diakibatkan sunggai kecil yang tersumbat, sehingga sewaktu turun hujan yang lebat dapat meluap sampai ke pemukiman warga setempat,” jelas Darso, setelah pihaknya turun memantau kondisi banjir di dua desa tersebut.

Lanjut Darso, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) agar bisa membangun tanggul yang lebih besar untuk mencegah luapan air sungai ke pemukiman warga.

Husen Uat

Reporter: Husen Uat
Editor: Suhardi Koromo

 

Show More
Back to top button