DD Rp. 800 Juta Tak Cair, ABDESI Halbar Datangi Kantor Bupati

230

Sekertaris ABDESI Halbar, Joram Uang (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (ABDESI) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, Rabu (13/1/2021) mendatangi Kantor Bupati untuk mempertanyakan sisa Dana Desa (DD) yang tak kunjung cair.

Sekertaris ABDESI Halbar, Joram Uang dihadapan sejumlah wartawan menyebutkan, sisa DD tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 800 juta hingga saat ini belum juga dicairkan.

Dana tersebut milik 175 desa yang tersebar di Halbar. Dengan rincian masing-masing desa sebesar Rp. 5 juta sampai Rp.13 juta untuk triwulan IV.

“Maka saya sebagai sekretaris ABDESI dan dua anggota pengurus datang ke kantor bupati bertemu dengan sekretaris daerah yang membidangi keuangan mempertanyakan anggaran dana desa sebesar 5 sampai 13 juta dengan total 800 juta kapan bisa cairkan,” jelas Joram.

Sebelumnya kata Joram, pemerintah desa se Halbar melakukan aksi. Dalam aksi tersebut pemerintah daerah setempat berjanji akan mencairkan dana tersebut. “Tetapi sampai saat ini belum juga dicairkan,” katanya.

Dia berharap agar pemerintah daerah jangan lagi membuat janji yang nantinya akan terus ditanya-tanya oleh pemerintah desa. Hal ini tentunya membuat pengurus ABDESI tidak akan tinggal diam.

BACA JUGA  Ini Program Dinas Ketahanan Pangan Halbar Di 2021

“Dari hasil konsultasi kami dengan pak sekda, dia menyampaikan nanti di cairkan di bulan ini (Januari) dan usulan pencairan anggaran awal misalnya 2021 triwulan satu pemdes jangan dorag baku tunggu lagi,” tukasnya. (Tr3/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here