Luar Biasa, Petani Halbar Sekali Panen Menghasilkan 220 Ton Rica Dan Tomat

794

Kepala Dinas Pertanian Halbar, Totary Balatjai (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara mengklaim, budi daya komoditas pertanian di tahun ini, oleh para petani di Halbar masih berjalan normal.

Hal ini diklaim karena, para petani dilengkapi dengan alat pertanian yang cukup memadai. Baik alat yang di gunakan sebelum menanam bibit, alat merawat bibit dan alat memanen. Serta semangat kerja yang tinggi para petani dalam menanam sangat baik.

“Kegiatan budi daya pertanian seperti komoditas tomat dan rica yang dikelola oleh sejumlah kelompok petani Halmahera Barat di tahun 2021 ini masi berjalan normal,” kata Kepala Dinas Pertanian Halbar, Totary Balatjai, Selasa (8/6/2021).

Disebutkan, jumlah lahan pertanian di Halbar ada 7 hektar, yang tersebar di
Kecamatan Sahu Timur 2 hektar, Sahu 1 hektar, Jailolo Selatan 1 hektar, Jailolo Timur 1 hektar, Ibu 1 hektar dan Tabaru 1 hektar.

Untuk jumlah kelompok petani yang ditempatkan di masing-masing kecamatan itu bervariasi ada 2 sampai 10 orang petani.

BACA JUGA  BLPB Halbar Baru Lelang 10 Paket Proyek

“Hasil panen para petani ini sangat menjanjikan, dari 7 hektar lahan itu bisa menghasilkan 210 ton saat panen,” katanya.

Sedangkan komoditas rica keriting kata dia, saat ini lahannya 5 hektar yang diolah. Hasil panen 1 hektar bisa mencapai 10 sampai 14 ton.

Lanjut Totary, bibit tomat dan rica diterima melalui bantuan dari Pemerintah Propinsi. Namun saat ini, bibit sudah diproduksi sendiri oleh para petani Halbar.

“Bantuan pertama tahun 2020, mereka (petani) lanjutkan aktifitas kegiatan menanam ke tahun 2021. Sasarannya adalah petani mandiri dan berkelanjutan,” ujarnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here