Pemkab Halbar Sudah Temukan Keberadaan Dokumen Kapita Banau

137

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Upaya Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) mendorong Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional terus dilakukan. Pemerintah setempat membeberkan, jika dokumen Kapita Banau juga telah ditemukan keberadaanya.

Meskipun belum berada digenggaman pemerintah setempat. Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad mengaku, dokumen berupa biografi Banau serta perang perjuangannya dalam mengusir para penjajah Belanda pada 1914 itu berada di salah satu yayasan di Kota Ternate.

“Kita sudah mendapat sinyal keberadaan dokumen perang Banau, ternyata untuk mendapatkan dokumen Banau kita sudah tidak lagi harus ke Belanda, karena dokumennya sudah ada di wilayah kota ternate, di salah satu yayasan yang tergabung di dalamnya para sejarawan dan antropolog,” beber, Djufri kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (05/03/2021).

Menurut Djufri, selain ditemukan sinyal keberadaan dokumen perang Banau, Pemda Halbar juga telah mengantongi dokumen profil atau lukisan gambar Kapita Banau. Untuk menyempurnakan dokumen tersebut, Pemda berencana akan mengundang yayasan yang di gadang-gadang memiliki dokumen lengkap tentang perang Jailolo itu.

BACA JUGA  Inspektorat Dan DPRD Halbar Telusuri Jumlah PNS Fiktif

“Saya sendiri juga sudah mendapat dokumen profil Kapita Banau, tinggal dilengkapi dengan dokumen biografi Kapita Banau dan perjuangannya yang sudah di kantongi oleh yayasan tersebut untuk menyusun naskah akademiknya,” akunya.

Meski sudah mendapat sinyal keberadaan dokumen tersebut pada salah satu yayasan di Ternate, mantan anggota DPRD Halbar tiga periode ini enggan menyebutkan nama yayasan tersebut, sebagai upaya untuk menghindari problem di dalam niatan baik Pemda Halbar.

Politisi Partai Nasdem Halbar ini menambahkan, dalam upaya Pemda Halbar mendorong Banau sebagai Pahlawan Nasional ini, pihak Pemda akan mengundang pihak yayasan yang masih dirahasiakan namanya itu, serta semua unsur tokoh yang ada Halbar untuk sama-sma duduk untuk membicarakan hal tersebut.

“Yang Pasti seluruh unsur tokoh yang berada di Halbar akan dilibatkan untuk membahas rencana ini, kita akan duduk bersama dengan yayasan itu untuk membicarakannya, jadi bukan hanya kami (Pemda) dengan Yayasan tersebut, tapi akan melibatkan semua tokoh,”tandasnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here