Pemdes Hatebicara Gelar Uji Kompotensi Bakal Calon Kepala Desa

134

Pemdes Hatebicara Saat Gelar Uji Kompetensi


HALBAR, CH- Pemerintah Desa (Pemdes) Hatebicara, Kecamatan Jailolo Kabupaten Hamahera Barat (Halbar), Maluku Utara menggelar Uji Kompotensi terhadap Bakal Calon Kepala Desa. Kegiatan ini menyusul bakal adanya pemelihan kepala desa antar waktu.

Selain itu, uji kompetensi ini bagian dari melanjukan Visi Misi Almarhum Kepala Desa Hatebicara, Rajulaen Mahones yang
mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) dengan penyesuian RPJMD Kabupaten.

Pjs. Kepala Desa Hatebicara, Karyanto Idrus menjelaskan, uji kompotensi ini sangat penting untuk dilakukan agar bakal calon kepala desa saat terpilih nanti mampu mengatur tata kelola pemerintahan desa.

“Sejauh mana kemampuan bakal calon melihat kondisi desa itu sendiri baik menjadi potensi desa maupun pemetaan khusus permasalahan Desa Hatebicara,” jelas Karyanto, di sela-sela uji kompetensi yang berlangsung, Jumat (9/7/2021).

Disebutkan, penguji dalam uji kompotensi ini diantaranya, Hi. Husen perwakilan dari tokoh masyarakat, dan Camat Jailolo, Hairudin Saifuddin. Hadir dalam uji kompetensi ini Ketua BPD, Sekretaris BPD, Babinsa dan Tokoh Pemuda.

BACA JUGA  Bupati Halbar Janji Naikkan Insentif Dokter dan Nakes

Sementara, Camat Jailolo, Hairudin Saifuddin membeberkan, materi yang diuji adalah, Pandangan bakal calon tentang Visi-Misi almarhum kepala desa.

program yang salah satunya visi-misi pejabat yang di tinggalkan untuk dilanjutkan dan diterima atau tidak oleh masyarakat.

“Yang berikut materi-materi tambahan yaitu di lihat bagaimana pengatahuan mereka dalam menejmen persatuan organisasi secara akademisi dalam mengatur Desa Hatebicara ini kedepan lebih baik,” sebutnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here