Dinas PUPR Maluku Utara Update Harga Bahan Bangunan

SOFIFI, CH- Dinas PUPR Maluku Utara (Malut), melalui Bidang Jasa Kontruksi telah meupdate data terbaru Standar Harga Satuan (SHS) bahan bangunan 2023. Data ini terupdate setelah tim melakukan survei lapangan di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Maluku Utara pada Desember 2022.

“SHS ini yang didalamnya termasuk bahan material alam, seperti batu, pasir, dan lain-lain,” ucap Kabid Jasa Konstruksi Dinas PUPR Maluku Utara, Nurdin Salama, Kamis (9/3/2023).

Menurutnya dari hasil survei yang dilakukan oleh tim Bidang Jasa Konstruksi tersebut telah dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara Nomor 218/KPTS/2023 Tentang Penetapan Standar Harga Satuan Upah dan Bahan Bangunan Konstruksi dalam pelaksanaan kegiatan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Unit Kerja Provinsi Maluku Utara tahun 2023.

“Mengapa survei untuk menentukan perubahan SHS ini dilakukan setiap tahun. Karena harga bahan bangunan dapat berubah setiap waktu, terutama bahan baku material, seperti pasir, batu, begitu juga semen, dan lain-lain. Sehingga harus disurvei lagi,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya turun langsung ke setiap pertokoan bahan bangunan di kabupaten/kota atau ke titik-titik penjualan bahan material seperti batu, kerikil, dan pasir.

Namun bagaimana dengan SHS yang ditetapkan melalui SK bupati atau walikota di masing-masing tempat. Dia menjelaskan, memang ada item-item terkait SHS di setiap kabupaten dan kota yang telah ditetapkan melalui SK kepala daerah yang diakomodir dalam menentukan SHS tingkat provinsi.

Namun kata dia, tidak semua item harus diakomodir, mengingat ada wilayah tertentu yang tidak bisa disamakan SHS-nya, karena dinilai tidak sesuai jika dituangkan dalam SK gubernur untuk level provinsi.

“Hasil survei terkait SHS yang sudah di-SK-kan oleh gubernur ini, kami telah mendistribusikan ke semua PPK, khususnya di Dinas PUPR Malut, maupun SKPD terkait, seperti Perkim, Dikbud, Bappeda, Keuangan, dan lain-lain,” sebutnya. (Yud)

Show More
Back to top button