FTKW Tuntut Pelaku Pembunuhan Warga Waci Hukuman Mati

1047

FTKW Saat Menggelar Aksi Di Depan Kantor Kejaksaan Negeri Soa-sio Tidore (Foto: Musa CH)


TIDORE, CH – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Front Tragedi Kali Waci (FTKW) menggelar aksi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Soa-sio Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Aksi ini terkait dengan kasus pembunuhan terhadap warga Waci di Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

Masa aksi meminta agar pelaku pembunuhan terhadap warga Waci pada 19 Maret 2019 lalu, diberikan hukuman mati. Ikram Karim anak dari korban Almarhum Karim Abdurahman dalam menyampaikan, bahwa perkara kasus pembunuhan warga Waci ini sudah terjadi berulang kali. “Saya selaku anak dari korban menuntut agar para tersangka dijatuhi hukuman mati,” teriaknya di depan Kantor Kejaksaan Negeri Soa-sio, Selasa (31/12).

Masa berjanji, berkas dan pelaku pembunuhan yang sudah diserahkan oleh tim penyidik Polres Haltim ke Kejaksaan Negeri Soa Sio pada 16 Desember lalu, akan terus di kawal hingga tuntas. “Kami datang untuk menanyakan sekaligus mengawal perkara tersebut,” ujar Suswanto Marsaoly selaku Koordinator Aksi.

BACA JUGA  Laporan Korupsi DD Diam Ditempat, Warga Tosomolo Bakal Demo DPRD Dan Inspektorat

Menanggapi masa aksi, Safril Abdul Muin selaku Kepala Seksi Intelejen, yang juga termasuk jaksa dalam perkara ini menyampaikan, pada tanggal 16 Desember setelah berkas perkara diserahkan pihak penyidik Polres Halmahera Timur ke Kejaksaan Negeri Soa-sio, pihaknya langsung menindaklanjuti. “Besoknya pada tanggal 17 Desember kami limpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Soa Sio. Dan pada tanggal 23 Desember kemarin dari Pengadilan Negeri Soa Sio telah melakukan sidang agenda pembacaan surat dakwaan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, atas kasus pembunuhan tersebut, Polres Haltim berhasil menetapakan 6 tersangka yakni HL, AG, RT, ST, TH dan AB. Selain 6 orang yang sudah ditangkap, Polres Haltim masih memburu 8 terduga pelaku yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yakni BD, TS, BN, HB, A, BM, A, dan TB.

Peristiwa pembunuhan yang terjadi pada Mei 2019 lalu itu menyebabkan Karim Abdurahman (56), Yusuf Halim (34) dan Habibu Salatun (62) meninggal dunia, sementara  Halim Difa (53) mengalami luka panah di kedua kaki dan Harun Muharam (36) korban selamat melarikan diri. (Red)

BACA JUGA  Polres Haltim Berhasil Tangkap 6 Pelaku Pembunuhan Warga Waci

 Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here