Jembatan Penghubung Di Desa Gamesan Butuh Perhatian Dari Pemda Haltim

331

Jembatan Penghubung Di Desa Gamesan (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Jembatan penghubung antara Desa Geltoli dan Desa Gamesan di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) butuh perhatian. Pasalnya, kondisi jembatan yang sebelumnya terbuat dari kayu itu sudah rusak berat.

Agar aktifitas tidak terganggu, warga setempat terpaksa harus membangun jembatan darurat dengan batang pohon kelapa. Saat ini kondisi jembatan darurat juga sudah mulai rusak.

“Jembatan darurat ini sangat berbahaya apabila mobil truc bermuatan berat melintasnya, sebab jembatan yang terbuat dari batang pohon kelapa ini sudah berlubang di samping kiri dan kanan maka sangat beresiko apalagi disaat hujan,” kata Sefrin Bahagia, Sabtu (13/3/2021).

Senada juga disampaikan Ketua BPD Gamesan Yosea Kaoci. Pengakuan Yosea, setiap tahun pihaknya mengusulkan jembatan itu ke pemerintah daerah melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) kecamatan. Namun tidak perna diakomodir.

“Pada saat kunjungan mantan Bupati Rudy Erawan ke Desa Gamesan, kami usulkan jalan lapen dari Desa Geltoli ke Gamesan dan pembangunan jembatan. Yan terealisasi hanya jalan lapen, sedangkan jembatan sampai saat ini tidak terealisasi,” bebernya.

BACA JUGA  Pemuda Muhammadiya Sambut Baik Pj. Bupati Haltim

Mereka berharap, di masa kepemimpinan Ubaid Yakub dan Anjas Taher ini, jembatan itu bisa dibangun. Sebab kata Yosea, jembatan itu sangat dibutuhkan oleh warga Gamesan.

“Karena masyarakat Gamesan yang membutuhkan material untuk bangunan rumah menjadi kendala, sebab mobil yang membawa material tidak sampai dilokasi bangunan rumah yang akan di bangun,” keluhnya.

Kepala Desa Gamesan, Edy Nikiyuluw menuturkan, pagu anggaran yang masuk ke desa tidak cukup untuk membangun jembatan tersebut, karena kebutuhan dalam desa juga sangat banyak yang menjadi prioritas.

“Kami terpaksa harus buka anggaran CSR sedikit untuk menggantikan bahan pohon kelapa yang sudah mulai lapuk itu. Semoga pemerintahan saat ini bisa membangun jembatan ini,” harap Edy. (Red)

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here