Pelaksanaan Hari Nusantara Resmi Dibuka Sekertaris Kemenpora RI 

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gunawan Suswantoro saat Memberikan Sambutan

TIDORE, CH – Rangkaian kegiatan Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kawasan Wisata Pantai Tugulufa dengan tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah” resmi dibuka Oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gunawan Suswantoro, Minggu (10/12/2023).

Didampingi Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh, Sekda Provinsi Maluku Utara, Walikota Tidore Kepulauan, Pimpinan DPRD dan Forkopimda Kota Tidore, pembukaan rangkaian kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan Tiva.

Mengawali sambutannya, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gunawan Suswantoro mengatakan, sebagai Ketua Bidang Olahraga, Pameran dan Wisata dirinya ditunjuk mewakili Ketua Panitia Menteri Perhubungan, untuk membuka rangkaian acara Hari Nusantara Tahun 2023

“Dalam kepanitiaan, saya ditunjuk sebagai Ketua Bidang Olahraga, Pameran dan Wisata mewakili Pak Menhub sebagai Ketua Panitia, untuk membuka rangkaian acara Hari Nusantara Tahun 2023 hari ini, yang akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Desember 2023, di Pantai Tugulufa,” ucap Gunawan.

Gunawan menambahkan, Menteri Perhubungan sendiri akan hadir pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara, tanggal 13 Desember 2023. Di sela-sela sambutannya, Gunawan juga menyampaikan salam sehat dari Menteri Pemuda dan Olahraga untuk Masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Maluku Utara diwakili Sekretaris Daerah Samsudin A. Kadir dalam sambutannya menyampaikan, Peringatan Hari Nusantara mempunyai makna yang sangat penting, Hari Nusantara mengingatkan konsep Wawasan Nusantara, dimana Indonesia merupakan negara kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Sejarah panjang Nusantara menjadi saksi betapa kita, sebagai satu bangsa, telah melewati berbagai cobaan dan rintangan. Dengan keberagaman budaya, suku, dan agama, kita telah membuktikan bahwa persatuan adalah kekuatan kita, Hari Nusantara mengingatkan kita akan nilai-nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika yang harus kita junjung tinggi,” ungkap Samsudin.

Samsudin mengatakan, pemerintah daerah dapat lebih memperkuat rasa cinta terhadap NKRI sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya dan Sumber Daya Alam yang ada di Maluku Utara serta akan berpeluang besar meraih kunjungan wisata yang tak ada batasnya.

“Pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara juga merupakan pengulangan perisitwa nasional yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya yakni Sail Tidore. Saya berharap dengan adanya rangkaian kegiatan ini juga akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. khususnya pengembangan pariwisata berbasis masyarakat,” imbuh Samsudin.

Senada, Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Kota Tidore Kepulauan, karena dipercayakan kembali menjadi tuan rumah atas hajatan nasional selama dua tahun berturut-turut.

“Sail Indonesia ke 12 Tahun 2022, dan hari ini Hari Nusantara Tahun 2023 menjadi sebuah bukti, bahwa kami masyarakat Kota Tidore Kepulauan bersatu untuk mewujudkan harapan-harapan Kota Tidore Kepulauan yang memiliki nama dan sejarah yang luar biasa, juga memiliki prestasi yang memang pantas untuk kita angkat dan gaungkan ke dunia luar,” ucap Ali Ibrahim.

Acara pembukaan rangkaian kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kawasan Wisata Pantai Tugulufa ini dimeriahkan oleh para Penari dari Sanggar Sangaji Jiko Malofo Kelurahan Mareku, membawakan Tarian Nusantara dengan Personil sebanyak 30 orang dibawah asuhan Ketua Sanggar Munsriyati U.Yasin. (Uca)

Show More
Back to top button