Pengadaan Lampu Jalan Di Desa Laluin Dipertanyakan Warga

762

Salah Satu Tiang Lampu Jalan di Desa Laluin (Foto: Nuski A.Saban)


HALSEL, CH – Pengadaan lampu jalan di Desa Laluin Kecamatan Kayoa Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) ikut dipertanyakan warga. Pasalnya, pengadaan lampu jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Laluin di 2018 telah mengalami kerusakan setelah belum lama difungsikan.

Informasi yangdihimpun Cerminhalmahera.com, jumlah lampu jalan sebanyak 15 unit yang tersebar di tiga dusun di Desa Laluin. Masing-masing dusun dipasang 5 unit lampu jalan, sayangnya lampu jalan belum lama dinikmati oleh warga sudah mengalami kerusakaan.

Mirisnya lagi, pemerintah  desa setempat telah membuka 11 unit dari 15 unit lampu jalan yang ada dengan alasan karena lampu tersebut mengalami kerusakaan. “Waktu pemasangan lampu jalan di tiap-tiap dusun tapi tidak berjalan lama, berapa bulan kemudian di cabut lagi terus dikemanakan, itu masyarakat bertanya dikemanakan lampu ini, apa dikembalikan keperusahan atau tokoh ataukah disimpan dimana, itu masyarakat pada bertanya semua,” ungkap  Ebu Ramli, tokoh masyarakat setempat,  Selasa  (21/04/2020).

BACA JUGA  Sudah 5 Bulan, Ketua dan Anggota BPD di Halsel Belum Dilantik

Menurut warga, pengadaan lampu jalan yang cepat rusak ini diduga karena kualitas lampu yang tidak baik. Buktinya, pengadaan lampu oleh mantan Pj. Kepala Desa Laluin Saad Domu pada 2016 lalu hingga saat ini masih bisa dinikmati oleh warga.  Warga berharap Kepala Desa Laluin, Viki Salamat segere memperbaiki dan memasang kembali lampu jalan tersebut demi kenyamanan di Bulan Suci Ramadhan kali ini.  “Harapan masyarakat segera diadakan kembali atau dipasang kembali, masyarakat sangat membutuhkan itu lampu atau penerangan,” ujar warga lainya penuh harap.

Belum diketahui berapa besar anggaran serta sumber anggaran yang digunakan oleh Kepala Desa Viki Salamat untuk pengadaan 15 unit lampu tersebut. Pasalnya, pihak pendamping desa maupun pemerintah desa tampak tertutup dengan masaalah ini. Pendamping Desa Laluin, Muhlis saat dikonfirmasi via Wathsapp sejak beberapa hari lalu hingga berita ini diterbitkan tidak ada tanggapan balik.

Hal yang sama juga tidak ditanggapi oleh Kepala Desa Laluin Viki Salamat saat dihubungi redaksi Cerminhalmahera.com terkait dengan persoalan lampu yang dikeluhkan oleh warga. Viki bahkan menjawab persoalan lain yang keluar dari pertanyaan Cerminhalmahera.com tentang lampu jalan. “Masukan saya kalau mendapat sumber berita, sebaiknya dikonfirmasi dulu ke sumber bukan sebaliknya langsung memuat berita,” kata Viki Salamat membalas pertanyaan redaksi soal lampu jalan melalui pesan Wathsapp. (Red)

BACA JUGA  Hanya 4 KK Terima BLT, Ratusan Warga Desak Bupati Copot Kades Laluin

Reporter: Nuski A. Saban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here