Persiapan Sail 2021, Pemprov Malut Rakor Di Tikep

283

Rakor Persiapan Sail 2021 di Kota Tikep (Musa CH)


TIDORE, CH – Pemerintah Propinsi Maluku Utara (Malut), Selasa (6/10/2020) berkunjunga ke Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Kunjungan ini bagian dari rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan Sail Tidore 2021.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Malut
Samsuddin A. Kadir didampingi Kadis Pariwisata Tahmid Wahab, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan M. Tahsim Hajatuddin beserta beberapa pejabat lainya. Mereka diterima langsung oleh Pj. Sekda Tidore M. Miftah Baay, di Ruang Rapat Walikota Tikep Selasa (6/10/2020).

Rakor ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Dinas Pariwisata Halbar Fanny Kiat bersama jajarannya dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Risal Marsaoly bersama jajarannya.

Sementara dari Kota Tikep dihadiri oleh Kaban BAPELITBANG Sofyan Sarahan, Perwakilan Dinas Pariwisata Syahidussyar dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Asis Hadad.

Rakor lintas kabupaten/kota ini membahas lebih rinci tentang kesiapan panitia lokal untuk menyinkronkan program dan konten menyambut kedatangan panitia pusat dalam rangka melihat persiapan panitia Sail Tidore 2021 di daerah.

Sekprov Malut, Samsuddin A. Kadir mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi tiap daerah di Maluku Utara untuk mempermantap dan mempersiapkan detil event untuk Sail Tidore. “Mengingat Panitia Pusat akan melakukan kunjungan kesini (Malut), maka perlu kita membahas lebih lanjut acara yang akan kita siapkan,” kata Samsuddin.

BACA JUGA  60 CPNS Tikep Terima SK 80 Persen

“Dari Pusat mengatakan bahwa acara ini baiknya melibatkan beberapa daerah di Provinsi Maluku Utara. Hal ini bisa menguntungkan daerah kita. Sehingga nantinya dampak dari Sail Tidore 2021, bisa dirasakan juga oleh seluruh masyarakat Kie Raha,” kata Samsuddin lebih lanjut.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Tikep, M. Miftah Baay bahwa rapat ini merupakan lanjutan dari Zoom Meeting dengan Panitia Pusat beberapa hari lalu, “Persiapan dari Kota Tidore Kepulauan sudah siap hanya saja masih perlu penyesuaian dengan acara dari kabupaten kota lainnya, seperti yang sudah diharapkan oleh Panitia Pusat,” kata Miftah.

Dirinya meminta kerjasama yang intens dari berbagai pihak agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Kadis Pariwisata Kota Ternate, M. Risal Marsaoly mengatakan bahwa event ini harus disiapkan matang, untuk kesiapan Kota Ternate sendiri, sudah siap sebagai pintu gerbang. “Hal ini juga akan menjadi momentum yang baik untuk membangkitkan pariwisata di Maluku Utara,” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Barat Fanny Kiat mengatakan bahwa moment ini harus dimanfaatkan dan disiapkan dengan baik karena menjadi penggerak Pariwisata di Provinsi Maluku Utara namun tetap memperhatikan Protokol Kesehatan mengingat Pendemi Covid-19 saat ini belum berakhir. “Event ini bisa membangkitkan pariwisata Maluku Utara yang harus dimatangkan oleh tiap daerah pendukung selain Kota Tidore. Juga perlu komitmen yang jelas antara Provinsi dan Kabupaten Kota dengan memperhatikan waktu yang tersedia,” Tuturnya.

BACA JUGA  Usir Wartawan, Ketua PN Soasio Tidore Dinilai Gagal Paham

Dari Kepala Dinas Pariwusata Provinsi Maluku Utara, Tahmid Wahab mengatakan bahwa kesiapan propinsi masih dalam tahap penyiapan Surat Keputusan Panitia daerah namun dalam beberapa hari kedepan sudah siap. “SK tinggal menunggu beberapa hari lagi sudah siap,” jelas Tahmid.

Lebih lanjut Tahmid juga menjelaskan bahwa bila SK sudah ada maka pembagian tugas akan semakin jelas dan yang perlu dipikirkan lagi adalah koordinasi masing-masing pihak, termasuk detail acara.

Sebelum menutup Rakor tersebut Perwakilan Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan Syahidussyar memaparkan konsep acara di Tidore termasuk Festival Tidore dan Sail Tidore 2021 sebagai puncaknya dan timeline yang direncanakan pada Bulan September 2021. (Red)

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here