Persiapan Sail 2022, Pemkot Tikep Gelar Rakor Dengan Kemendag

95
Suasana Rapat Koordinasi

TIDORE, CH – Menjelang perhelatan Sail Tidore 2022 pada September mendatang. Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggadakan rapat koordinasi dengan Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Sebagaimana diketahui, Kemendag sebagai Panitia Pusat Sail Tidore 2022. Sementara Kota Tidore Kepulauan sebagai panitia lokal yang dibantu oleh Kota Ternate dan Pemprov Maluku Utara.

Dalam rapat itu Wali Kota Tikep, Capt. Ali Ibrahim didampingi Asisten III Gubernur Maluku Utara, Kadis Perindagkop Kota Tikep, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD bersama anggota DPRD Kota Tikep lainya.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Sekjen Kemendag, Suhanto. Menurutnya, kegiatan ini harus dipersiapkan secara matang, sehingga koordinasi bukan saja dengan kementerian dan lembaga terkait, tetapi juga dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate dan Pemerintah Kota Tidore Tikep.

“Apa yang menjadi kekurangan di daerah dapat diakomodir oleh panitia pusat, yaitu di Kemendag. Harapan kami kegiatan ini bisa berjalan lancar dan jangan sampai tertunda lagi,” kata Suhanto.

Suhanto menambahkan, di tahun ini Indonesia mempunyai ratusan acara internasional, di antaranya Sail Tidore, G-20 dan acara internasional lainnya. Oleh karena itu, Suhanto berharap setiap kegiatan internasional harus dipersiapkan secara matang.

BACA JUGA  Tumpukan Sampah Di Kota Sofifi Menjadi Perhatian DPRD Malut

Wali Kota Tikep, Capt.Ali Ibrahim mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Ternate dan Pemprov Maluku Utara. Dan, kata Ali, sudah dibagi tugas masing-masing. Dia menjelaskan, tanggung jawab Pemkot Ternate sebagai lokasi transit utama, maka mereka akan menyiapkan dukungan transportasi, akomodasi hingga tenaga kesehatan dalam menerima para pengunjung maupun tamu VIP dari Jakarta dan manca negara.

“Membangun komunikasi dan koordinasi ini sangat penting. Kenapa harus melibatkan Pemkot Ternate, karena yang punya wilayah sebagai salah satu pintu masuk di Maluku Utara. Itu salah satu dalam menyukseskan Sail Tidore 2022,” kata Ali saat menyampaikan kondisi lapangan perisiapan Sail Tidore di Kemendag.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here